Kuku Cekung & Mudah Patah, Bisa Jadi Kurang Zat Besi

Zat besi diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk membentuk sel-sel darah merah. Zat besi banyak ditemukan pada sayuran berwarna hijau dan juga daging merah.
tanda-kurang-zat-besi
Pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh sangat bergantung pada kadar zat besi seseorang. Minim asupan zat besi dapat menyebabkan produksi sel-sel darah merah terhambat.

Bahkan pada kondisi ekstrem, kekurangan zat besi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Apa saja tanda-tanda seseorang kekurangan zat besi? Berikut 5 di antaranya:

Sulit Konsentrasi

Pembentukan neurotransmitter dapat terpengaruh ketika seseorang kekurangan zat besi. Fungsi normal otak bisa terganggu, dan salah satu dampaknya adalah susah konsentrasi.

Gampang Capek

“Tubuh memerlukan zat besi untuk pembentukan hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berperan dalam pengangkutan oksigen,” kata Blaire Morris, ahli kesehatan dari Vanderbilt Center for Integrative Health. Saat darah merah tidak dapat mengangkut oksigen yang diperlukan, maka tubuh akan terasa cepat letih.

Wajah Pucat

Saat tubuh kekurangan zat besi, gejala fisik yang paling nampak adalah wajah terlihat pucat dan layu. Ini terjadi karena minimnya produksi sel darah merah dalam tubuh.

Sesak Napas

Kekurangan zat besi dapat mengurangi pasokan oksigen dalma tubuh. Kondisi ini menyebabkan napas berat untuk menghirup oksigen.

Kuku Rapuh dan Cekung

Kuku anda rapuh dan mudah patah? Jika ini terjadi, maka waspadalah, karena kuku yang mudah patah merupakan salah satu tanda anda kekurangan zat besi. Selain rapuh, kuku berbentuk cekung menyerupai sendok juga ditengarai menjadi gejala kekurangan zat besi. (dan)

BACA JUGA : BENARKAH SORE HARI ADALAH WAKTU ‘BERBAHAYA’ SAAT DIET?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes