Kuning Telur Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Bagi yang doyan mengonsumsi kuning telur sebaiknya berhati-hati! Menurut penelitian terbaru, semakin banyak Anda mengonsumsi kuning telur, semakin buruk juga efek yang akan menimpa pembuluh darah Anda.

Hasil penelitian oleh para ilmuwan di Kanada menunjukkan bahwa penumpukan plak karotis akan terjadi jika orang semakin banyak mengonsumsi kuning telur. Plak karotis itu sendiri adalah zat lilin yang menyumbat pembuluh darah dan terkait mengurangnya aliran darah, serta bisa berisiko tinggi penyakit kardiovaskular.

“Hasil penelitian kami menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara konsumsi telur dan tumpukan plak karotid,” ungkap ilmuwan tersebut seperti dikutip Zeenews.com.

“Tingkat risiko dari efek kuning telur ini tampaknya sekitar dua pertiga dari merokok. Kami yakin penelitian kami membuat hal ini penting untuk menilai rembali peran kuning telur, dan kolesterol makanan secara umum, sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung,” tambahnya.

Penelitian ini menilai efek dari konsumsi telur hampir 1.200 orang, dengan usia rata-rata 61 tahun. Hasilnya, daerah plak karotid akan tumbuh dengan usia setelah 40 tahun, tetapi bisa meningkat secara eksponensial dengan waktu lamanya merokok dan makan kuning telur.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Atherosclerosis. Well, mulai sekarang Anda sebaiknya kurangi makan kuning telur demi kesehatan Anda! (jay)

BACA JUGA : Ingin Peka Rasa Sakit? Pikirkan Seks!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes