berat badan

Kurang Tidur Bisa Naikkan Berat Badan?

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh merasa lelah. Terbaru, kurang tidur juga dapat meningkatkan berat badan karena meningkatkan keinginan makan makanan yang berlemak.

berat badan

Dikutip dari World Snap, Senin (16/02), penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, kekurangan tidur bisa menaikkan berat badan. Pasalnya, kurang tidur dapat menimbulkan jaringan salience, yang meningkatkan nafsu makan makanan yang berlemak.

Studi ini melibatkan 34 peserta yang kurang tidur dan 12 orang yang tidurnya terkontrol yang terus dipantau di laboratorium selama lima hari empat malam.

Hasilnya, peserta yang kurang tidur mengonsumsi 1.000 kalori ketika mereka terjaga. Ketika jam tidur mereka sudah normal, peserta yang kurang tidur cenderung mengonsumsi kalori jumlah yang sama.

Peneliti dari University of Pennsylvania juga menemukan bahwa orang yang kurang tidur mengonsumsi kalori dari lemak lebih banyak daripada kalori dari karbohidrat. Hal inilah yang menyebabkan mengapa orang yang begadang ingin mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, dan bisa menyebabkan berat badan naik. (ctr)

BACA JUGA: Sehatkan Jantung Dengan Rutin Olahraga 10 Menit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes