obesitas

Kurang Vitamin D Lebih Berbahaya Daripada Obesitas?

Obesitas telah lama dikaitkan dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Kini, peneliti menemukan bahwa kurang vitamin D ternyata yang meningkatkan diabetes tipe 2 daripada obesitas.

obesitas

Seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (24/02), studi baru ini menunjukkan bahwa kurang asupan vitamin D dapat meningkatkan risiko obesitas, namun lebih tinggi meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

“Temuan kami menunjukkan bahwa vitamin D berkaitan dengan metabolisme glukosa daripada obesitas,” kata Dr Manuel Macias-Gonzalez dari Universitas of Malaga, Spanyol. michael kors apple watch band activity tracker

Tak hanya itu, seseorang yang kurang vitamin D dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik, istilah medis untuk kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Sindrom metabolik ini menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit jantung, stroke, dan kondisi lain terkait pembuluh darah.

Menurut peneliti, hal ini dikarenakan ada hubungan langsung antara tingkat vitamin D yang rendah dengan metabolisme glukosa dalam tubuh. nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress Vitamin D sendiri membantu mengontrol kalsium yang membuat tulang dan otot sehat, serta mengatur sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit seperti eksim dan asma.

“Rata-rata orang mungkin dapat mengurangi risiko dengan menjaga pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas di luar ruangan,” tambah Dr. Manuel.

Penelitian ini sendiri diterbitkan dalam Endocrine Society’s Journal of Clinical Endocrinology & Metabolisme. Peneliti melakukan studi pada 148 peserta yang telah diukur indek massa tubuhnya (BMI), serta apakah memiliki diabetes, pra-diabetes, atau tidak ada gangguan gula darah. ugg outlet alexandria anaheim

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang gemuk yang tidak memiliki gangguan metabolisme glukosa memiliki kadar vitamin D yang tinggi. Sementara orang yang ramping dengan diabetes atau gangguan metabolisme glukosa, memiliki kadar vitamin D yang rendah.

Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa kadar vitamin D secara langsung berhubungan dengan kadar glukosa namun tidak dengan BMI. (ctr)

BACA JUGA: Pasien Diabetes Sebaiknya Olahraga Pasca Makan Malam

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes