risiko penyakit jantung

Kurang Vitamin D Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Hasil studi terbaru mengatakan, orang dewasa yang memiliki kadar vitamin D rendah saat anak-anak dan remaja lebih mungkin memiliki risiko penyakit jantung.

risiko penyakit jantung

Studi yang diterbitkan dalam the Journal of Clinical Endocrinology & Metabolisme menyebutkan bahwa kekurangan vitamin D saat anak-anak dan remaja dapat mengakibatkan pengerasan arteri ketika dewasa. Pengerasan arteri ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pada penelitian ini melibatkan lebih dari 2.100 orang di Finlandia. Kadar vitamin D mereka diukur pada usia 3-18 tahun, dan pengerasan arteri mereka diperiksa pada usia 30-45 tahun.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah kadar vitamin D rendah benar-benar mengakibatkan pengerasan arteri. Temuan ini menyoroti kebutuhan untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan vitamin D yang cukup dalam makanan mereka,” kata penulis studi, Dr Markus Jounala dari University of Turku di Finlandia, seperti dikutip dari Medicinenet, Rabu (11/02).

Menurut peneliti, kadar vitamin D yang rendah merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak di seluruh dunia. Risiko penyakit jantung juga dapat meningkat jika dipengaruhi faktor risiko lain seperti tekanan darah tinggi, merokok, makan yang tidak sehat, kurang olahraga, dan obesitas. (ctr)

BACA JUGA: Buah Berry Dapat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes