Langkah Cerdik Siasati Bahaya Polusi

Kendala masyarakat yang hidup dan tinggal di kota besar adalah tingkat polusi udaranya yang cukup tinggi. Kondisi ini tentu dapat merugikan kesehatan, terutama mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di jalan raya.
Siasati-Bahaya-Polusi
Nah, agar Anda terhindar dari dampak negatif polusi udara yang Anda hirup setiap hari sebaiknya Anda lakukan 4 hal di bawah ini.

Nge-Gym

Olahraga di ruang terbuka sepertinya bukan pilihan yang bijak jika polusi di luar sana semakin memburuk. “Ini juga berlaku bagi orang-orang yang sering batuk dan mengalami gangguan pernapasan ketika kadar polusi sedang tinggi-tingginya. Bila memungkinkan, olahraga saja di gym yang dilengkapi AC,” saran Dr Keith Prowse dari British Lung Foundation.

Kalaupun ingin berolahraga di luar, sebaiknya dilakukan pagi hari saat poluis udara masih minim atau di tempat lain yang udaranya lebih kondusif.

Matikan AC Mobil

David Newby, profesor kardiologi dari University of Edinburgh mengatakan,”Lubang udara mobil kebanyakan berada di depan. Jadi asap knalpot dari kendaraan di depan Anda bisa saja terhisap dan beredar di dalam mobil.”

David menyarankan, jika di dalam mobil cukup gerah sebaiknya buka jendela mobil. Cara ini dapat meminimalisir polusi yang masuk dan memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Ambil Jalan Pintas

“Pertimbangkan untuk mengambil jalan-jalan kecil yang bisa dilalui demi menghindari jalan utama yang padat polusi,” terang Rob MacKenzie, profesor ilmu atmosfer dari Birmingham University.

Selain terbebas dari polusi, lewat jalan pintas dikatakan Rob sebagai salah satu solusi jitu untuk terbebas dari kemacetan.

Kenali Sinyal Tubuh

Mungkin saja Anda tidak sadar tengah berada di daerah berpolusi tinggi. Bila ini terjadi, percayakan saja pada tubuh Anda untuk mendeteksinya.

“Kedua mata akan memberikan respons tertentu bila kita sedang berada di wilayah yang polusinya buruk, seperti berair. Begitu juga dengan paru-paru yang memproduksi lendir sehingga membuat Anda batuk-batuk. Itu artinya Anda harus segera beranjak dari tempat tersebut.” terang Rob. (dan)

BACA JUGA : FAKTA UNIK MENGAPA ANDA PERLU OLAHRAGA DI PAGI HARI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes