Langkah Mudah Atasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa menjadi masalah, terutama jika Anda biarkan tanpa penanganan yang tepat. Penyebab sakit tenggorokan bisa bermacam-macam, mulai dari bakteri, alergi, makanan berminyak, dan kebiasaan merokok.

mengatasi-sakit-tenggorokan

Jika Anda mengalami kondisi ini jangan buru-buru antre ke dokter, karena Anda bisa melakukan pengobatan awal di rumah untuk mengatasi sakit tenggorokan yang Anda alami. Berikut caranya:

Kumur air garam hangat

Garam bersifat antibakteri. Berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan, menghilangkan lendir hingga mengurangi iritasi akibat makanan berminyak. Campurkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari.

Minum Air Putih

Perbanyaklah minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi sangatlah penting terutama pada saat anda sedang sakit tenggorokan. Hal ini menjaga selaput lendir tetap lembab, dan dapat memerangi bakteri ataupun iritasi seperti alergen, serta membuat tubuh anda lebih mampu melawan gejala flu.

Minum teh

Bosan minum air putih? Secangkir teh herbal hangat dapat menawarkan efek yang menenangkan saat anda sedang sakit tenggorokan. Teh non-herbal, apakah dibuat dari daun warna hitam, hijau, ataupun putih juga dapat menangkal infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Anda juga bisa menambahkan madu pada teh anda, karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan.

Santap Sup Ayam

Sup ayam mengandung natrium yang didapat dari kaldu sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi dalam membantu proses kesembuhan radang tenggorokan. Sup ayam yang hangat akan terasa nyaman dikonsumsi terutama pada saat tenggorokan Anda terasa sakit untuk menelan makanan.

So, tidak perlu buru-buru pergi ke dokter saat sakit tenggorokan. (dan)

BACA JUGA : GANGGUAN MAKAN DISEBABKAN FAKTOR GENETIK?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes