penyebab alzheimer

Lari Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Alzheimer

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal online the Journal of Alzheimer’s Disease mengatakan bahwa dengan berlari 15 mil tiap minggu atau sekitar 24 kilometer, dapat mengurangi risiko kematian akibat Alzheimer.

penyebab alzheimer

Tak hanya berlari, berjalan juga memiliki efektifitas yang sama jika jumlah energi yang dikeluarkan sama dengan berlari lebih dari 24 kilometer tiap minggu.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 153.000 pelari dan pejalan kaki. Para peserta diteliti sejak awal 1990-an. Hasilnya, para peserta yang dianjurkan untuk berlari lebih dari 24,3 kilometer tiap minggu memiliki pengurangan risiko 40 persen kematian akibat Alzheimer. Selain itu, yang dianjurkan untuk berjalan antara 12 hingga 24,3 kilometer dapat mengurangi risiko kematian sebesar 25 persen.

Dengan berlari tersebut juga dapat mengurangi risiko kematian lebih rendah dari program yang direkomendasikan the U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Program lari yang dianjurkan CDC adalah dengan berlari sejauh 7,4-12 kilometer per minggu.

“Olahraga tampaknya dapat mencegah terjadinya penyusutan (di otak) seiring dengan bertambahnya usia,” kata Paul Williams, peneliti dan juga seorang ilmuwan staf di Lawrence Berkeley Laboratory di Berkeley, California, seperti dilansir Medicinenet.com.

Williams menambahkan, olahraga (lari) juga dapat menjaga volume otak. Itulah mengapa olahraga berat membantu dalam mengurangi risiko kematian dari penderita Alzheimer. Penelitian Williams juga menemukan bahwa mengonsumsi obat penurun kolesterol yang dikenal dengan statin, juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit Alzheimer.

Namun, penelitian ini hanya dapat menemukan hubungan antara semua faktor dan risiko kematian dari penyakit Alzheimer. Studi ini tidak dirancang untuk membuktikan apakah berlari, berjalan, makan buah atau mengonsumsi statin menyebabkan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Untuk yang berjalan dengan mengeluarkan jumlah energi yang setara dengan lari sejauh 24,3 kilometer juga dapat mengurangi risiko kematian. Bagi yang melakukan diet, makan buah tiga potongan atau lebih dalam sehari dapat mengurangi risiko kematian hingga 60 persen, dibandingkan dengan mereka yang makan buah hanya satu potong dalam sehari. Untuk yang mengonsumsi statin, Williams menemukan dapat mengurangi risiko kematian 40 persen lebih rendah. (ctr)

BACA JUGA: Basmi Alzheimer Cukup dengan Konsumsi Kunyit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes