serangan jantung

Latihan 10 Menit Dapat Hindari Serangan Jantung dan Stroke

Untuk melindungi jantung agar tetap sehat, Anda tidak perlu harus melakukan latihan atau olahraga yang berat. Studi terbaru mengatakan, latihan 10 menit saja dapat menghindari anda dari serangan jantung atau stroke.

serangan jantung

Seperti dikutip dari DailyMail.co.uk, Jumat (30/01), penelitian oleh British Heart Foundation (BHF) menemukan bahwa kurang dari sepertiga orang dewasa di Inggris (30 persen) makan lima potong buah dan sayuran tiap harinya. Yang artinya, masih banyak orang Inggris yang tidak menerapkan pola sehat, serta kurang melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

Kurang melakukan aktivitas fisik dapat menimbulkan sejumlah penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung. Di Inggris, satu dari empat kematian terjadi akibat penyakit jantung. Sementara itu, tujuh juta orang mengidap penyakit ini.

BHF menyarankan bahwa perubahan kecil dapat memberikan pengaruh besar pada kesehatan. Seperti latihan berjalan selama 10 menit akan membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Sementara itu, seorang ahli mengklaim bahwa berdiri selama tiga jam per hari bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti lari maraton. Dr Mike Loosemore dari Institute of Sport, Exercise and Health mengatakan, melakukan sejumlah latihan kecil tidak boleh dianggap sia-sia. Bahkan sejumlah latihan kecil, termasuk berdiri dapat memiliki manfaat kesehatan.

“Berdiri akan meningkatkan kesehatan mereka. Berdiri akan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, risiko kanker,mengurangi kolesterol dan akan membuat seseorang lebih ramping,” katanya. (ctr)

BACA JUGA: Berat Badan Naik atau Turun Tingkatkan Risiko Patah Tulang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes