Latihan Aerobik, Pilihan Terbaik Turunkan Berat Badan

Bagaimana cara yang paling tepat untuk menurunkan berat badan? Menurut para ahli, latihan aerobik adalah pilihan yang lebih baik ketimbang latihan ketahanan.

Latihan Aerobik, Pilihan Terbaik Turunkan Berat Badan

Penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari North Carolina, AS, ini diyakini telah melakukan uji coba acak terbesar yang membandingkan secara langsung perubahan komposisi tubuh yang disebabkan oleh pelatihan aerobik dan ketahanan diantara orang kelebihan berat badan tidak aktif atau orang dewasa obesitas non-diabetes.

Sebanyak 234 pria dan wanita tersebut, berusia 18-70 tahun, mengikuti program 8 bulan diawasi dengan melakukan: pelatihan aerobik (AT), latihan ketahanan (RT), atau kombinasi (AT/RT). Dari jumlah tersebut, 119 peserta berhasil menyelesaikan percobaan dan memiliki data yang lengkap untuk variabel kepentingan dalam percobaan.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang ditugaskan untuk pelatihan aerobik (AT) dan latihan ketahanan plus aerobik (AT/RT) berhasil kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang melakukan latihan ketahanan (RT) saja. Bahkan, mereka yang melakukan latihan ketahanan (RT) justru bertambah berat badan karena peningkatan massa tubuh tanpa lemak.

Massa lemak dan lingkar pinggang juga menurun pada kelompok AT dan AT/RT, tetapi tidak pada kelompok RT. Namun, ukuran massa tubuh tanpa lemak meningkat secara signifikan di kelompok RT dan AT/RT, tapi tidak pada kelompok AT. Temuan ini menunjukkan bahwa latihan aerobik lebih efektif dalam mengurangi lemak.

“Berdasarkan pengamatan kami, mungkin sudah saatnya untuk serius mempertimbangkan kembali kebijaksanaan konvensional yang menyatakan bahwa latihan resistensi saja bisa mempengaruhi berat badan dan kehilangan lemak,” kata Leslie H. Willis, seorang ahli fisiologi olahraga di Duke University Medical Center dan penulis utama studi tersebut.

“Jika ingin meningkatkan massa otot dan kekuatan, maka latihan ketahanan lah yang diperlukan. Namun, pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah fokus pada latihan aerobik. Ketika Anda kehilangan lemak, kemungkinan Anda kehilangan lemak visceral, yang diketahui terkait dengan manfaat kesehatan jantung dan lainnya,” tambah Willis.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology yang diterbitkan oleh American Physiological Society. (jay)

BACA JUGA: 15 Negara Laporkan Flu Burung Clade Baru

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes