latihan beban dan hipertensi

Latihan Beban Picu Hipertensi, Benarkah?

Beberapa tahun lalu ada mitos yang menyebutkan bahwa latihan beban dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi (hipertensi), sehingga banyak yang mulai meninggalkan kebiasaan sehat ini.

latihan beban dan hipertensi

Akhir-akhir ini mitos ini kembali menyeruak di kalangan fitnessmania sehingga kekhawatiran itu kembali muncul dan banyak orang menjalani program latihan dengan setengah hati.

Benarkah latihan beban dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi). Mari kita kupas lebih dalam.

Satu yang pasti adalah, secara alami tekanan darah pada tubuh manusia akan meningkat ketika tubuh berada dalam kondisi stres atau aktivitas tinggi. Olahraga merupakan saat di mana tubuh mengalami aktivitas yang lebih tinggi dari biasanya, sehingga wajar apabila di saat olahraga tekanan darah akan mengalami kenaikan dan akan kembali normal setelah melewati fase pendinginan.

Yang kedua, peningkatan tekanan darah abnormal biasanya terjadi akibat teknik latihan yang salah, seperti mengangkat beban terlalu berat dan terlalu lama menahan napas saat mengangkat beban tersebut.

Pada umumnya, tidak semua orang menguasai teknik latihan beban dengan baik terutama pada fase menahan dan menarik napas. Saat menahan napas, tekanan di dalam rongga perut dan rongga dada akan meningkat, sehingga pembuluh darah tertekan dan ini akan dapat meningkatkan tekanan darah.

Ironisnya lagi, banyak orang yang latihan beban justru menghindari latihan kardio karena takut ototnya tubuhnya mengecil. Padahal latihan kardio cukup berperan dalam meningkatkan fungsi jantung dan mengendalikan tekanan darah, agar naiknya tekanan darah pada saat latihan beban berada dalam fase yang wajar.

Konsumsi daging yang kurang ‘lean’ (masih ada lemak pada daging yang dikonsumsi) juga turut mempengaruhi percepatan naiknya tekanan darah saat latihan beban. Belum lagi diperparah dengan penggunaan steroid anabolik yang memiliki efek samping seperti meningkatkan kolesterol darah, pengentalan darah, dan mengurangi produksi sperma.

Meski sekilas kebiasaan di atas terlihat ‘baik-baik’ saja, namun kebiasaan itulah yang dapat mengakibatkan tekanan darah abnormal pada saat latihan beban.

Nah, agar Anda bisa berlatih dengan aman dan kesehatan Anda tetap terjaga sebaiknya Anda lakukan hal-hal di bawah ini:

  • Kuasai teknik latihan beban dengan benar, terutama teknik pernapasan
  • Imbangi latihan beban dengan kardio agar jantung tetap kuat dan aliran darah lancar
  • Pola makan harus benar-benar bersih dan sehat
  • Sebaiknya hindari penggunaan steroid anabolik

Kesimpulannya, latihan beban bukanlah latihan yang dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) selama Anda melakukannya dengan teknik yang tepat dan diimbangi dengan pola makan yang tepat pula. (dan)

BACA JUGA : Ingin Bebas Sakit Jantung? Makan Buah Belimbing

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes