Latihan Bersepeda Baik untuk Pasien Parkinson

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa orang yang menderita penyakit Parkinson bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari program latihan bersepeda stasioner, dengan efek terbesar bagi mereka yang mengayuh lebih cepat.

manfaat-bersepeda-untuk-parkinson

Menurut data dari Functional Connectivity Magnetic Resonance Imaging (fcMRI), lebih cepat mengayuh bisa menyebabkan konektivitas yang lebih besar di daerah otak yang berhubungan dengan kemampuan motorik. Latihan ini diperkirakan memiliki efek menguntungkan pada penyakit Parkinson.

Jay L. Alberts, Ph.D., ilmuwan saraf di Cleveland Clinic Lerner Research Institute, mengalami manfaat ini secara langsung pada 2003 ketika ia mengendarai sepeda tandem di Iowa dengan pasien penyakit Parkinson di sebuah acara yang bertujuan meningkatkan kesadaran penyakit tersebut. Usai bersepeda, pasien tersebut mengaku mengalami perbaikan dalam gejala-gejala parkinson.

Sebagai bagian dari penyelidikan ini, Dr. Alberts, peneliti Chintan Shah, B.S., dan rekannya di Cleveland Clinic, baru-baru ini menggunakan fcMRI untuk mempelajari pengaruh bersepeda terhadap 26 pasien penyakit Parkinson.

Dengan mengukur perubahan tingkat oksigenasi darah di otak, fcMRI memungkinkan kita untuk melihat konektivitas fungsional antara daerah otak yang berbeda,” ujar Shah seperti dikutip Zeenews.com.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada tugas yang berhubungan konektivitas antara korteks motorik primer dan daerah posterior pada thalamus otak. Tingkat mengayuh yang lebih cepat adalah faktor kunci yang berkaitan dengan perbaikan ini.

Saat ini, kami sekarang sedang memantau pasien yang latihan sepeda di rumah mereka. Dan, latihan lainnya seperti berenang dan mendayung juga bisa memberikan manfaat yang sama,” tutup Shah. Temuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Radiological Society of North America (RSNA).

BACA JUGA : Sehat & Langsing Dengan Bersepeda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes