Latihan Fisik Bisa Membuat Anda Semakin Pintar!

Menurut penelitian di Australia, latihan fisik ditemukan sama pentingnya dengan aktivitas mental dalam menjaga otak agar tetap fit dan sehat.

Sebuah studi, yang dilakukan oleh para ilmuwan di Brain Institute, University of Queensland, menemukan sebuah mekanisme bahwa olahraga bisa meningkatkan jumlah sel-sel induk yang secara aktif menghasilkan sel-sel saraf baru di otak dan mampu membalikan penurunan secara normal.

“Kami menemukan bahwa hormon pertumbuhan (GH) ditemukan sebagai stimulator poten dari pertumbuhan hewan yang bisa meningkatkan otak hewan dan ini merangsang aktivasi sel induk saraf baru,” ujar ilmuwan Daniel Blackmore seperti dikutip Health.India.com.

Penelitian ini dilakukan pada tikus yang lebih tua, yang menunjukkan penurunan kognitif yang sama seperti manusia, menurut pernyataan Brain Institute.

“Dalam model tikus ini, kami menemukan bahwa jumlah sel induk saraf aktif bisa menurun dengan bertambahnya usia, tetapi dengan olahraga ternyata kondisi ini bisa dibalikan dengan cara meningkatkan jumlah sel induk,” jelas Perry Bartlett, profesor dan direktur Brain Institute.

“Jika kita memblokir aktivitas GH pada otak hewan-hewan ini, tidak akan ada peningkatan yang terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa GH adalah regulator utama dari proses ini,” tambah Bartlett.

“Saat ini, kami sedang menentukan apakah peningkatan hormon GH di aktivitas sel induk juga mampu membalikkan penurunan kognitif yang terlihat pada hewan tua dengan meningkatkan produksi sel-sel saraf baru,” kata sang profesor.

Well, ayo kita lanjutkan berolahraga demi kesehatan otak kita! (jay)

BACA JUGA : Diet Ekstrem Picu Serangan Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes