Latihan Rutin Tingkatkan Daya Ingat Hingga 60%

Menurut para peneliti, latihan rutin minimal 20 menit sehari dapat meningkatkan memori jangka panjang pada orang dewasa yang sehat sekitar 10 persen.
Latihan-Rutin-Tingkatkan-Daya-Ingat

Banyak penelitian yang sudah ada menunjukkan bahwa latihan aerobik seperti jalan kaki dapat meningkatkan memori. Tetapi penelitian ini dilakukan kepada peserta yang sebelumnya telah rutin mengikuti latihan beban dua hari sekali sebelum mereka diuji.

“Bahkan meskipun tanpa melakukan pindai MRI yang mahal, hasil dari penelitian kami dapat memberikan gambaran tentang manfaat pada otak yang bermanfaat positif pada area memori berkat latihan ini,” kata Audrey Duarte, seorang profesor dari Georgia Institute of Technology di AS.

Untuk penelitian ini, tim menunjukkan 90 foto kepada peserta di layar computer sebelum mereka melakukan peregangan pada kaki mereka.

Para peserta kembali ke laboratorium 48 jam kemudian dan melihat 180 foto. (90 foto asli dari sebelumnya, dicampur dengan 90 foto baru).

Mereka yang telah melakukan latihan, diketahui dapat mengingat sekitar 60 persen dari foto. “Studi kami menunjukkan bahwa orang tidak harus meluangkan banyak waktu untuk memberikan otak mereka dorongan,” kata Lisa Weinberg, seorang mahasiswa pascasarjana Georgia Tech yang memimpin penelitian tersebut.

“Temuan ini cukup menggembirakan karena bagian otak yang mengatur memori menjadi lebih aktif dengan berolahraga,” pungkas Lisa Weinberg. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Acta Psychologica. (ant)

BACA JUGA : Penelitian, Susu Sapi Bisa Melawan HIV

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes