parkinson

Latihan Sejam Sangat Baik Untuk Pasien Parkinson

Hanya latihan tiga kali seminggu atau latihan keseimbangan selama 40-60 menit dapat membantu pasien Parkinson meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko terjatuh. Benarkah demikian?

parkinson

Orang penderita Parkinson sering mengalami nyeri atau gemetar di lengan, tangan, rahang, hingga muka. Selain itu, mereka juga memiliki keterbatasan aktivitas, dan ketakutan akan jatuh.

Terjatuh adalah masalah utama bagi penderita Parkinson. 60 persen pasien kerap terjatuh setiap tahun dan dua pertiga diantara mereka sering terjatuh lagi.

Peneliti melakukan studi pada 231 pasien Parkinson yang menjalani perawatan biasa, mengambil program latihan keseimbangan 40-60 menit, dan program latihan kekuatan kaki tiga kali seminggu selama enam bulan. Selama latihan, pasien melakukan di rumah dan diawasi oleh ahli terapi.

Peserta yang baru didiagnosa mengalami Parkinson, 70 persen dapat mengurangi risiko terjatuh pada pasien yang melakukan program latihan dibanding yang menjalani perawatan biasa.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program latihan yang simple dan diawasi yang bertujuan untuk mengurangi risiko jatuh harus dimulai sejak awal diagnosa,” kata penulis studi, Colleen Canning dari University of Sydney, Australia, seperti dilansir TimesofIndia.com, Senin (05/01).

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Neurology ini menyebutkan, pasien yang ikut program latihan secara keseluruhan mendapatkan nilai lebih baik pada tes kemampuan bergerak dan keseimbangan, menurunnya ketakutan akan jatuh, dan merasa nyaman. (ctr)

BACA JUGA: Angka Kematian Akibat Penyakit Diabetes Meningkat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes