cedera lutut

Latihan Terbaik Untuk Mencegah Cedera Lutut

Peneliti telah menemukan metode latihan terbaik untuk mencegah cedera lutut pada perempuan. Berdasarkan 14 penelitian sebelumnya, para peneliti mengatakan program latihan yang fokus pada penguatan kaki dan pinggul, serta menstabilkan perut adalah yang paling efektif untuk mencegah cedera pada ligamen cruciatum anterior (ACL).

cedera lutut

Setiap tahun 350.000 orang mencari bedah rekonstruksi ACL di Amerika Serikat. Peneliti mengatakan meskipun operasi adalah pengobatan terbaik yang tersedia, sekitar 24-30 persen atlet yang menjalani operasi cedera ACL baru akan kembali bermain dalam beberapa tahun lagi.

ACL adalah ligamen yang menstabilkan lutut, dan yang paling sering terluka selama olahraga yang melibatkan kecepatan atau gerakan berputar. Cedera ACL sangat serius dapat memakan waktu lama untuk penyembuhan.

“Kita tahu pelatihan neuromuscular dapat mengurangi cedera ACL pada atlet perempuan, tapi kami tidak yakin latihan apa adalah yang terbaik untuk mencapai efek profilaksis maksimal,” kata Dai Sugimoto dari The Micheli Center for Sports Injury Prevention dan Boston Children’s Hospital Orthopaedics dan Sports Medicine, di Massachusetts.

Menurut Sugimoto, perempuan muda yang berisiko mengalami cedera adalah mereka yang bermain olahraga seperti sepak bola, basket, lacrosse dan bola tangan. Sementara usia yang paling umum bagi wanita untuk cedera sekitar 14 hingga 17 tahun.

Cedera ACL memang memakan waktu yang cukup panjang, sekitar 6-12 bulan penyembuhan. Bahkan, tak sedikit atlet gagal comeback pasca mengalami cedera ACL. Selain itu, setelah mengalami cedera ACL juga berisiko mendapatkan osteoarthritis atau degeneratif.

Program latihan yang bertujuan untuk membangun kekuatan di kaki belakang dan pinggul secara signifikan dapat mengurangi jumlah cedera ACL. Itu juga berlaku untuk latihan yang fokus pada penguatan dan kontrol pada perut.

Studi ini terdiri dari sejumlah latihan, termasuk Russian hamstring curls, sit-up, push-ups, dan bench press. Sugimoto mengatakan bahwa latihan hamstring curls adalah yang terbaik karena latihan ini membantu memperkuat kaki dan pinggul, serta memerlukan kontrol perut.

“Dengan masuknya latihan ini serta berbagai mode olahraga, atlet dapat mencapai manfaat maksimal dari pelatihan neuromuskular dan mencegah cedera ACL,” kata Sugimoto.

Program yang melibatkan lebih dari satu jenis latihan secara signifikan lebih efektif daripada hanya menggunakan satu jenis. Para peneliti mencatat bahwa latihan keseimbangan dan jumping yang cukup membantu dalam mengurangi cedera, ternyata tidak efektif kecuali dikombinasikan dengan latihan lainnya.

Itulah sebabnya perlu untuk mencegah cedera ACL pertama kali agar terhindar dari cedera ACL berikutnya, serta mempertahankan sendi lutut yang sehat. (fox/ctr)

BACA JUGA: Lakukan Latihan Ini untuk Cegah Cedera Sendi Pada Lutut!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes