menghilangkan lemak di perut

Latihan Yang Tepat Untuk Hilangkan Lemak di Perut

Latihan beban saja ternyata belum cukup untuk mengurangi lemak di perut (Belly Fat). Lalu, latihan apakah yang tepat untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan lemak di perut?

menghilangkan lemak di perut

Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan latihan beban atau resistensi, adalah kunci untuk menjaga otot dan menghindari kenaikan berat badan. Terutama lemak perut pada kalangan orang tua.

Peneliti dari Harvard mengatakan bahwa penuaan sering dikaitkan dengan sarcopenia, hilangnya massa otot. Untuk itu, mengandalkan berat badan saja tidak cukup untuk mengetahui kesehatan akibat penuaan.

“Mengukur lingkar pinggang merupakan indikator yang lebih baik dari komposisi tubuh yang sehat pada orang tua,” kata Rania Mekary, penulis studi dan seorang peneliti departemen gizi di Harvard, seperti dikutip dari medicinenet.com, Senin (22/12).

“Terlibat dalam latihan resistensi, atau menggabungkan dengan latihan aerobik dapat membantu orang tua mengurangi lemak perut sambil meningkatkan atau menjaga massa otot,” tambahnya.

Penelitian ini dilakukan jangka panjang antara tahun 1996 hingga 2008 dengan melibatkan lebih dari 10.000 pria sehat berusia 40 atau lebih yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) bervariasi. BMI digunakan untuk mengukur lemak tubuh dengan melihat berat badan dan tinggi badan.

Para peneliti menganalisis aktivitas fisik, berat badan dan lingkar pinggang peserta untuk menentukan latihan apa yang paling signifikan pada penurunan lingkar pinggang atau lemak perut mereka.

Hasilnya, peserta yang melakukan 20 menit latihan beban setiap hari mengalami peningkatan kecil pada lemak perut dibandingkan peserta berlatih beban dengan waktu yang sama namun ditambah dengan latihan aerobik seperti naik turun tangga atau membersihkan halaman. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Obesity.

“Studi ini menggarisbawahi pentingnya latihan beban dalam mengurangi obesitas perut, terutama pada kalangan orang tua,” penulis senior studi Frank Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi.

Karena itu, peneliti mengatakan bahwa sangat penting menggabungkan latihan beban dengan latihan aerobik untuk menjaga berat badan dan lingkar pinggang yang sehat. (ctr)

BACA JUGA: Reverse Pyramid, Tingkatkan Massa dan Ukuran Otot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes