Lindungi Jantung dengan Kacang Pistachio

Para ilmuwan mengatakan bahwa mengonsumsi segenggam kacang-kacangan jenis pistachio sehari bisa membantu mengurangi efek berbahaya yang diakibatkan oleh stres akut.

Menurut para ahli di Pennsylvania State University, kacang pistachio membantu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung dalam situasi sulit yang berujung stres.

Di penelitian tersebut, para partisipan diberi berbagai makanan sehat dengan kacang pistachio dan ada yang tidak. Para ilmuwan kemudian mengukur respon kardiovaskular mereka. Pertama-tama, mereka melakukan tes aritmatika mental dan menantang mereka untuk mencelupkan kaki ke dalam air dingin.

Penurunan tekanan darah terbesar ditemukan pada partisipan yang memakan sekitar 1.5oz atau 42,5 gram kacang pistachio dalam sehari.

“Aktivitas harian, seperti jadwal deadline yang ketat atau berbicara di depan umum, dapat meningkatkan tekanan darah,” ungkap Dr. Sheila Barat, penulis utama penelitian yang dipublikasikan online dalam jurnal Hypertension.

“Hasil ini signifikan karena mereka menunjukkan respon fisiologis terhadap stres yang dipengaruhi oleh makanan yang kita makan,” tambahnya. (jay)

BACA JUGA : Waspadai Lemak Visceral Pada Perut Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes