Main Alat Musik Mampu Menangkal Depresi dan Penyakit Penuaan lho!

Studi sebelumnya menunjukan bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan fungsi jantung, lalu bagaimana jika memainkan alat musiknya ?

Main Alat Musik Mampu Menangkal Depresi dan Penyakit Penuaan lho!

Sebuah studi baru menemukan bahwa memainkan alat musik dapat membantu melindungi penurunan fungsi otak dan menangkal depresi.

Bahkan para peneliti berpendapat bahwa para musisi baik amatir maupun profesional memiliki pemikiran yang lebih tajam dan mampu memperbaiki kesalahan lebih cepat daripada yang bukan musisi atau yang tidak bsia memainkan alat musik sama sekali.

Untuk melakukan studi ini para peneliti dari St Andrews University, UK, membandingkan kemampuan merespon perilaku dan ketajaman pemikiran para musisi amatir dengan orang yang bukan musisi melalui tugas-tugas mental sederhana yang diberikan.

Hasilnya menunjukan bahwa memainkan alat musik bahkan pada tingkat amatir, mampu meningkatkan kemampuan seseorang untuk mendeteksi kesalahan dan menyesuaikan respon lebih cepat dan lebih efektif.

“Studi kami mengungkapkan bahwa beraktivitas dengan memainkan alat musik bahkan pada tingkat moderat bisa mendapatkan keuntungan pada fungsi otak, temuan kami ini juga memiliki implikasi penting pada proses yang terkait dengan penyakit penuaan, serta beberapa penyakit mental seperti depresi,” ujar Dr. Ines Jentzsch, PhD., pemimpin studi ini dan seorang psikolog dari St Andrews University, UK.

Studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Neuropsychologia beberapa waktu lalu ini, didasarkan atas hasil studi sebelumnya yang menunjukan manfaat dari mendengarkan musik yang terkait dengan fungsi fisik dan mental.

Well, tertarik untuk memainkan alat musik?(boy)

BACA JUGA : Ingin Cerdas, Dengarkan Musik Pop!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes