Makan Buah & Sayuran Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Menurut penelitian terbaru, konsumsi buah dan sayuran dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terkena kanker payudara estrogen reseptor-negatif (ER-).

buah dan sayuran turunkan risiko kanker payudara

Asupan buah-buahan dan sayuran diduga mampu menurunkan risiko kanker payudara, namun bukti yang ada belum meyakinkan. Ada banyak subtipe kanker payudara, termasuk ER negatif (ER-) dan ER positif (ER+) tumor, dan masing-masing memiliki etiologi yang berbeda. monster beats amazon australia

ER- tumor, yang memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih rendah dan tingkat estrogen yang lebih sedikit ketimbang ER+ tumor, terhitung hanya 15-20 persen membentuk kanker payudara. Oleh karena itu, ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan hubungan dalam menurunkan risiko kanker payudara ER- dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Dalam rangka untuk menentukan apakah ada hubungan antara menurunkan resiko kanker payudara ER- dan asupan buah dan sayuran, Seungyoun Jung, a michael kors watch purse Sc.D., ilmuwan dari Departemen Gizi, Harvard School of Public Health, dan Channing Division of Network Medicine, Brigham and Women’s Hospital, moncler armoise albizia dan rekan-rekannya menganalisis data dari 20 studi kohort wanita selama 11-20 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa asupan buah dan sayuran secara statistik dan signifikan dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari terkena kanker payudara ER-, tapi tidak dengan risiko kanker payudara secara keseluruhan atau risiko kanker payudara ER+ tumor.

Hasil juga menunjukkan bahwa risiko rendah ini sebagian besar berkaitan dengan konsumsi sayuran yang lebih tinggi. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute. (jay)

BACA JUGA:

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes