Makanan yang Berbahaya Bagi Otak

Salah satu bagian tubuh yang memerlukan energi terbesar adalah otak. Jenis makanan yang anda konsumsi memiliki dampak langsung pada jumlah informasi yang mampu Anda serap.

makanan-yg-tdk-baik-untuk-otak

Ada berbagai jenis makanan yang justru menguras energi otak, sehingga kemampuan otak untuk menyerap informasi menjadi berkurang.

Berikut 3 jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari agar kemampuan otak Anda tidak menurun.

Makanan & minuman Bergula Tinggi

Gula (glukosa) diperlukan untuk fungsi otak dan kelangsungan hidup sel-sel saraf. Namun, ketidakmampuan tubuh untuk merespon naiknya gula darah sering menyebabkan gangguan pada fungsi otak. Para ahli sepakat bahwa kita harus mengonsumsi gula tambahan dalam makanan tidak lebih dari 40 gram per hari.

Makanan Cepat Saji

Kandungan lemak, zat pengawet, pewarna, penguat rasa dan bahan kimia lainnya yang banyak terdapat pada makanan makanan cepat saji memiliki dampak negatif pada sistem saraf.

Penelitian yang dilakukan di University of New South Wales menemukan bahwa konsumsi makanan cepat saji (junkfood) dapat mengakibatkan peradangan pada bagian hippocampal otak. Yaitu bagian otak yang berhubungan dengan memori spasial (pemahaman terhadap ruang).

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng termasuk juga kerupuk ataupun gorengan yang biasa dijual di pinggir jalan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Lemak trans yang terkandung dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat merusak jaringan otak. Apalagi jika minyak tersebut digunakan berkali-kali. (dan)

BACA JUGA : 6 Negara Bagian AS Masih Rentan Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes