Mana yang Lebih Sehat? Tomat Organik atau Tomat Biasa?

Menurut penelitian terbaru, tomat yang tumbuh di peternakan organik ternyata lebih sehat karena mengandung konsentrasi gula, vitamin C, dan senyawa anti stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan tomat biasa.

tomat organik

Dalam penelitian ini, Maria Raquel Alcantara Miranda dan rekannya dari Federal University of Ceara, Brasil, membandingkan bobot dan sifat-sifat biokimia antara tomat dari pertanian organik dan tomat dari peternakan biasa.

Hasilnya, ukuran tomat dari peternakan organik ternyata 40 persen lebih kecil ketimbang tomat biasa. Dan, tomat organik mengandung jumlah senyawa anti stres yang lebih banyak.

Menurut para peneliti, pertanian organik mampu menghasilkan tanaman yang mengandung senyawa anti stres lebih besar ketimbang teknik pertanian biasa.

Mereka berpendapat, peningkatan jumlah senyawa anti stres ini mungkin menjadi alasan mengapa tomat organik memiliki kadar gula, vitamin C dan molekul pigmen seperti lycopene yang lebih tinggi. Lycopene merupakan salah satu senyawa anti-oksidan yang berhubungan dengan respon biologis terhadap stres.

Berdasarkan pengamatan ini, para peneliti menyarankan agar buah-buahan dan sayuran ditanam dengan teknik pertanian organik yang bertujuan untuk menyeimbangkan senyawa resistensi stres dalam upaya untuk memaksimalkan hasil dan ukuran buah.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. (jay)

BACA JUGA: Duduk Terlalu Lama Picu Penyakit Kronis?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes