mandi malam sebabkan rematik

Mandi Malam Sebabkan Rematik? Ini Kebenarannya!

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita akan sering mendengar hal-hal yang biasanya sumbang. Ya, informasi yang masih diragukan kebenarannya memang tidak sepatutnya kita ‘cerna’ apalagi diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, jika informasi-informasi tersebut menyangkut dengan masalah kesehatan. Tentunya, Anda tak mau sembarangan menelan bulat-bulat informasi tersebut.

Jendela Mandi

Lalu, apakah Anda pernah mendengar bahwa mandi ketika malam hari dapat menimbulkan rematik bagi Anda? Tentu, pertanyaan ini pasti masih sering berkembang dan menjadi topik pembicaraan di masyarakat. Namun, tahukah Anda tentang kebenarannya?

Ternyata informasi yang mengatakan bahwa mandi di malam hari menyebabkan rematik adalah mitos belaka. Hal ini dipertegas oleh Handono Kalim, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Reumatologi.

Menurutnya, hingga saat ini masih belum terdapat penelitian yang menunjukkan korelasi antara mandi malam dan rematik. Hanya saja, mandi malam dengan menggunakan air dingin memang akan sedikit mengganggu kesehatan Anda. Ini dikarenakan, ketika air dingin membasahi tubuh Anda, maka otot-otot akan menjadi kaku. Namun, hal ini hanya dialami orang yang mempunyai riwayat tidak kuat dengan udara dingin.

“Mandi malam enggak masalah. Itu hanya mitos yang berkembang di masyarakat,” tegasnya.

Handono menambahkan, berbeda halnya jika seseorang tersebut menderita rematik lebih dulu. Jika penderita rematik memaksakan mandi di malam hari, maka risiko linu pada persendian akan lebih mungkin terjadi. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya jika mandi di malam hari menggunakan air hangat.

“Banyak yang salah menduga terkait dengan gejala pada rematik dan asam urat. Ini disebabkan jenis rematik banyak macamnya, dan mempunyai gejala yang mirip. Gejala rematik sepertitersebut seperti halnya mengalami kerusakan sendi, ketidakmampuan kerja seperti mengangkat suatu benda, serta menyebabkan kematian dini,” terangnya.

Perlu diketahui, rematik (Rheumatoid Arthritis) adalah sekelompok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan. Seperti halnya tulang, sendi, otot, bahkan darah, atau bagian organ tubuh lainnya. Hal ini terjadi disebabkan karena kegemukan dan peradangan yang terjadi akibat kelebihan hasil metabolisme purin yang tertimbun di persendian. (gie)

BACA JUGA: Enaknya Minum Teh Susu, Tapi Benarkah Berbahaya?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes