Manfaat Kopi Lebih Dari Sekedar ‘Teman’ Begadang

Anda mungkin menganggap bahwa manfaat kopi hanyalah sebagai minuman ‘anti ngantuk’ yang biasa dikonsumsi sebagai teman begadang.

manfaat-kopi

Padahal sebuah studi di Spanyol yang diterbitkan dalam Internasional Sport Nutrition and Exercise Metabolism, menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membakar 15 persen kalori lebih banyak selama 3 jam setelah latihan.

Bahkan studi lain pun berhasil menemukan manfaat kopi lebih dari sekedar teman begadang, yaitu:

Meningkatkan Aliran Darah

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa seseorang yang minum kopi secara teratur aliran darahnya mengalami peningkatan sebesar 30% dalan rentang waktu 75 menit, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Mengurangi Nyeri Otot

Para ilmuwan dari University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi secangkir kopi sebelum latihan dapat membantu mengurangkan nyeri otot setelah latihan. Bahkan, kafein dalam kopi disinyalir membantu mendorong tubuh sedikit lebih keras selama latihan berat, sehingga tubuh berkembang lebih baik dalam hal kekuatan otot atau daya tahan.

Menjaga Kekuatan Otot

Para ilmuwan di Coventry University menemukan bahwa kafein membantu mengimbangi hilangnya kekuatan otot yang terjadi selama proses penuaan.

Efek protektif dari kafein tersebut terlihat pada otot diafragma, otot utama yang digunakan untuk bernapas, serta otot rangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di masa yang akan datang, kafein mungkin dapat membantu menjaga kebugaran dan mengurangi risiko cedera yang berkaitan dengan usia.

Sumber Energi Otot

Studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menyebutkan bahwa sedikit kafein pasca latihan juga bermanfaat bagi atlet yang latihan intens.

Dibandingkan mengkonsumsi karbohidrat saja, atlit yang mengonsumsi karbohidrat dan kafein setelah altihan mengalami peningkatan glikogen otot sebanyak 66 persen. Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang akan disimpan di otot, berfungsi sebagai energi cadangan selama latihan.

Ini artinya, Anda bisa berlatih lebih lama tanpa perlu khawatir mengalami katabolisme otot (penyusutan otot). (dan)

Kopi Diet di Duniafitnes.com –> Java Prime Coffee

BACA JUGA : ACAI BERRY, LANGSINGKAN TUBUH HINGGA MEMBANGUN OTOT

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes