olahraga untuk menurunkan berat badan

Manfaat Olahraga Pasca Operasi Bariatrik

Para peneliti menemukan bahwa olahraga ringan setelah operasi bariatrik mengurangi faktor risiko metabolik tertentu yang terkait dengan diabetes tipe 2.

olahraga untuk menurunkan berat badan

Temuan menunjukkan bahwa olahraga ringan tersebut dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan selain penurunan berat badan pasca operasi.

Operasi Bedah Bariatrik

Operasi bariatrik adalah prosedur pembedahan yang direkomendasikan US National Institutes of Health (NIH) untuk obesitas sesuai indeks massa tubuh (BMI), pengukuran berdasarkan tinggi dan berat badan lebih dari 40.

Operasi bariatrik Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) adalah operasi metabolik dengan mengambil sebagian kecil lemak dari perut untuk membuat kantung di lambung. Kantung kecil terhubung ke usus yang akan membatasi jumlah makanan untuk mengurangi jumlah lemak dan kalori.

Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Sebuah studi baru dilakukan oleh peneliti di Rumah Sakit Florida dan Sanford Burnham Translational Research Institute untuk metabolisme dan diabetes (TRI-MD). Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa pasien yang melakukan olahraga setelah operasi bariatrik mendapatkan kesehatan tambahan dalam metabolisme glukosa dan kebugaran kardiorespirasi dibandingkan dengan pasien yang menjalani gaya hidup setelah operasi.

“Ini adalah studi klinis terkontrol pertama yang meneliti efek dari olahraga pada sensitivitas insulin dan faktor risiko kardio dan metabolisme lainnya setelah operasi bariatrik,” kata Bret Goodpaster, nfl jerseys all teams alibaba Ph.D, direktur the Exercise Metabolism Core, peneliti senior di TRI-MD, dan profesor di Sanford-Burnham Medical Research Institute.

“Data mendukung masuknya program olahraga pasca operasi bariatrik dapat meningkatkan kesehatan seseorang yang memilih operasi ini untuk menurunkan berat badan,” tambahnya seperti dilansir MedicalNewsToday.com.

Hasil Studi

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Investigation ini meneliti dua kelompok pasien yang baru saja menjalani operasi bariatrik Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB).

Kelompok pertama hanya mengikuti penyuluhan setelah operasi dan kelompok kedua berpartisipasi dalam program penyuluhan ditambah program olahraga setelah operasi. Program penyuluhan terdiri dari enam sesi per bulan meliputi saran, diskusi, nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress dan pengetahuan dan pemahaman mengenai informasi terkini seperti pada penggunaan obat-obatan, nutrisi, dan peregangan tubuh bagian atas.

Kelompok olahraga melakukan latihan 120 menit per minggu. Sebanyak 119 peserta menyelesaikan studi selama 24 minggu.

Dibandingkan dengan kelompok pendidikan, kelompok olahraga menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa. Sensitivitas insulin rendah dan metabolisme glukosa yang buruk dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Namun kedua kelompok masuk dalam kategori prediabetes, suatu kondisi yang berarti kadar gula darah lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan dalam diabetes tipe 2.

Kelompok olahraga juga menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kebugaran kardiorespirasi, kemampuan sistem peredaran darah dan pernafasan untuk memasok oksigen ke otot selama olahraga. monster beats amazon australia Kebugaran kardiovaskular ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker paru-paru, dan stroke.

Peneliti mengaku cukup puas dengan hasil ini. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan olahraga apa yang paling tepat untuk mendapatkan hasil fisiologis yang optimal. (ctr)

BACA JUGA: Inilah Manfaat Terapi Musik Saat Operasi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes