Manfaat Tai Chi, kanker payudara, pengobatan kanker payudara

Manfaat Tai Chi Bagi Penderita Kanker Payudara

Seni bela diri asal Tiongkok ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terbaru, Tai Chi ternyata mampu mengurangi inflamasi atau peradangan pada penderita kanker payudara.

Manfaat Tai Chi, kanker payudara, pengobatan kanker payudara

Tai Chi adalah seni bela diri dengan gerakan yang lambat dan lembut. Seni ini fokus pada teknik pernafasan dalam dan meditasi. Tai Chi diyakini juga dapat membantu aliran energi kehidupan yang disebut qi (baca: chi) ke seluruh tubuh.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, Tai Chi dapat menjadi latihan bagi penderita Parkinson, pasien gagal jantung kronis dan Fibromyalgia. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Tai Chi juga mengurangi inflamasi kanker payudara dan mengalami insomnia. Insomnia ini dapat menyebabkan inflamasi, yang merupakan faktor risiko kambuhnya kanker dan penyakit jantung.

Dr. Michael Irwin dari University of California, Los Angeles (UCLA) menganalisa sampel dari dari 90 peserta dengan usia 30-85 tahun. Penelitian dilakukan antara tahun 2007-2013, sebelum dan sesudah peserta melakukan Tai Chi.

Peneliti menyebut bahwa Tai Chi sangat efektif mengurangi inflamasi pada pasien kanker payudara yang telah mengalami insomnia. Temuan ini juga telah diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute.

Menurut peneliti, berlatih Tai Chi mampu menurunkan sistem hormone stres dengan sistem saraf simpatik. Selain itu, Thai Chi merupakan gerakan meditasi. Pada penelitian sebelumnya peneliti telah menemukan bahwa efek anti-inflamasi serupa terjadi ketika orang berlatih meditasi.

Baru-baru ini, jurnal Psychotherapy and Psychosomatics menerbitkan hasil uji coba terkontrol secara acak yang menemukan Tai Chi memiliki efek menguntungkan pada sistem inflamasi. Studi lain menemukan Tai Chi dapat memperlambat proses penuaan dan meningkatkan sel CD34+, sel penting untuk berbagai fungsi dan struktur tubuh. (ctr)

BACA JUGA: Obesitas Munculkan Setengah Juta Kanker di Seluruh Dunia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes