Manfaat Whey Protein Bagi Penderita Diabetes

Mengonsumsi whey protein sebelum makan diketahui dapat membantu meningkatkan kontrol glukosa pada penderita diabetes.

Manfaat Whey Protein Bagi Penderita Diabetes

Studi baru yang telah dipublikasikan oleh Diabetologia, sebuah jurnal dari European Association for the Study of Diabetes menunjukan bahwa whey protein dapat mengurangi lonjakan gula darah apabila dikonsumsi sebelum sarapan, serta meningkatkan respon insulin tubuh.

Protein diketahui berfungsi untuk merangsang produksi glucagon-like peptide-1 (GLP-1), sebuah hormon di usus yang merangsang produksi insulin.

Dengan demikian para peneliti berpendapat bahwa apabila tubuh merangsang GLP-1 dengan mengonsumsi whey protein sebelum makan, maka akan meningkatkan kontrol gula darah tubuh setelah makan.

Studi ini melibatkan 15 orang yang di diagnosis terkena diabetes tipe 2 yang diketahui tidak mengonsumsi obat –obatan apapun kecuali sulfonylureas dan metformin (obat diabetes oral).

Para peserta studi dibagi menjadi dua kelompok berbeda, satu kelompok diminta untuk mengonsumsi whey protein dan satu kelompok diberikan plasebo (obat tidak aktif).

Untuk kelompok yang diberikan whey protein, mereka mengonsumsi 50g whey protein dicampur kedalam 250 ml air begitu pula kelompok yang menggunakan plasebo sebelum sarapan.

Kemudian para peserta diberikan sarapan standar rumah sakit, seperti 3 potong roti putih dan gula dalam bentuk jelly, atau makanan yang dirancang untuk menghasilkan lonjakan glukosa. Sebelumnya para peneliti telah mengambil sampel darah para peserta 30 menit sebelum makan.

Setelah makan, para peneliti kembali mengambil sampel darah para peserta mulai dari awal makanan disajikan (0 menit), 15, 30, 60, 90, 120, 150, dan 180 menit.

Dan hasil penelitian pun menunjukan bahwa selama 180 menit setelah makan secara keseluruhan, kadar glukosa dalam tubuh berkurang sebesar 28% pada peserta yang mengonsumsi whey protein sebelum makan.

Selain itu respon insulin mengalami kenaikan secara signifikan sebesar 105% dan C-peptida meningkat sebesar 43% pada kelompok whey protein.

Terutama terhadap respon insulin awal dimana berarti 30 menit pertama sebelum sarapan adalah 96% lebih tinggi setelah mengomsumsi whey protein dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Hal ini sangat penting karena hilangnya respon insulin awal adalah kekurangan yang paling penting pada pasien diabetes dan salah satu penyebab utama kenaikan glukosa darah setelah makan.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa mengonsumsi whey protein sesaat sebelum sarapan, dapat meningkatkan GLP-1 dan mengurangi tingkat gula darah pasca makan pada pasien diabetes tipe 2.

Peneliti juga beranggapan bahwa whey protein mungkin merupakan cara atau pengobatan baru yang murah dan mudah untuk meningkatkan strategi penurunan glukosa pada pasien diabetes tipe 2. (boy)

Whey Protein di Duniafitnes Store –> Whey Protein

BACA JUGA : Kenapa Tablet L-Carnitine Saya Berubah Jadi Serbuk? Ini Jawabannya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes