Masih Muda Sudah Ubanan? Ini Penyebabnya

Rambut beruban selalu identik dengan orang paruh baya hingga lanjut usia. Namun apa jadinya jika rambut beruban mulai terjadi di usia muda dan apa yang menjadi penyebabnya?

Masih-Muda-Sudah-Ubanan-Ini-Penyebabnya

Sebuah studi menyebutkan bahwa rambut beruban di usia muda dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satu yang paling dominan adalah stres saat bekerja.

Peneliti menemukan bahwa sel-sel yang berkontribusi memberikan warna pada rambut dapat berkurang saat seseorang terkena stres.

Studi yang dilakukan di AS ini mengklaim bahwa mereka yang mengalami rambut beruban akibat stres tidak bisa kembali lagi dan akan membuat rambut menjadi putih selamanya.

dr Mayumi Ito dari New York University mengatakan, “terdapat bukti jika stres dapat membuat melanin bermigrasi jauh dari folikel rambut menuju kulit. Kami pikir ini akan menarik untuk berspekulasi bahwa stres yang berlebihan dapat mempercepat migrasi, hormon stres diketahui dapat meningkatkan pigmentasi kulit, mereka juga dipercaya untuk mempercepat tumbuhnya uban,” ucapnya.

Hasil studi ini setidaknya dapat membuka wawasan bahwa ada hubungan antara tingkat setres dengan munculnya rambut beruban. (dan)

BACA JUGA : WC Jongkok Lebih Sehat Ketimbang WC Duduk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes