mencegah penyakit jantung

Memasak Juga Berisiko Penyakit Jantung

Apakah Anda sering memasak untuk keluarga? Hati-hati, karena penelitian terbaru mengatakan bahwa sering menghabiskan waktu di dapur untuk memasak berisiko besar terkena penyakit jantung

mencegah penyakit jantung

Obesitas kerap dikaitkan dengan beragam penyakit kardiovaskuler, salah satunya jantung. Kini, ilmuwan menemukan hasil terbaru bahwa sering dan terlalu lama memasak di dapur juga berisiko tinggi mengalami penyakit jantung.

“Sementara alasan yang mendasari hubungan ini masih belum jelas, kita berpikir temuan ini menunjukkan perlunya merevisi pesan kesehatan pada masyarakat, termasuk kebutuhan untuk menekankan metode memasak yang sehat dan mudah,” kata pemimpin studi, Dr. Brad Appelhans dari Rush University Medical Centre di Chicago, dikutip dari ZeeNews.com.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa selama 14 tahun pada lebih dari 2.700 perempuan berusia 42-52 tahun. Hasilnya, lebih dari sepertiga mereka yang memasak di dapur lebih lama, mendapat risiko lebih besar pada penyakit jantung.

Peneliti mengukur lima penanda sindrom metabolik, istilah medis ketika seseorang mempunyai tiga dari lima faktor yang membuat orang berisiko lebih besar terkena penyakit jantung. Yaitu obesitas, kadar lemak dalam kadar darah, kolesterol, hipertensi, glukosa darah.

Risiko mengalami sindrom metabolik seorang yang memasak lama memang cukup meningkat dari waktu ke waktu. Namun, orang yang mengalami obesitas masih lebih tinggi berisiko menderita penyakit jantung. (ctr)

BACA JUGA: Manfaat Lain Dari Olahraga Untuk Penyakit Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes