Memiliki Hutang, Memiliki Kesehatan Mental yang Buruk Pula!

Ini dia alasan untuk segara melunasi hutang pada kartu kredit atau teman Anda, karena studi baru menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki hutang berisiko lebih tinggi terkena gangguan kesehatan mental.

Memiliki Hutang, Memiliki Kesehatan Mental yang Buruk Pula!

Menurut para peneliti, kondisi psikologis seperti depresi dan neurosis jauh lebih umum di kalangan orang yang memiliki hutang daripada mereka yang tidak memiliki hutang, “Penelitian ini menunjukan hubungan yang kuat antara hutang dan kesehatan mental,” kata Dr. Thomas Richardson seorang psikologis dari University of Southampton,UK, yang melakukan penelitian ini.

Hasil penelitian yang juga telah diterbitkan oleh jurnal Clinical Psychology Review menyatakan, bahwa hutang mungkin saja mengarah pada kesehatan mental yang buruk dan menyebabkan stres, atau sebaliknya kesehatan buruk lebih rentan untuk memiliki hutang, namun faktor lain seperti pekerjaan yang tidak menentu juga bisa memicu kesehatan mental yang buruk.

“Orang yang mengalami depresi mungkin berjuang untuk mengatasi masalah finansial yang buruk dan memutuskan untuk berhutang, yang kemudian membawa mereka lebih dalam ke situasi depresi,” ujar Thomas.

Dari 65 penelitian yang dilakukan, para peneliti menemukan hubungan antara hutang dan kesehatan mental, dan menunjukan bahwa kurang dari 9% orang tanpa mesalah kesehatan mental memiliki hutang. Sementara itu, lebih dari 25% orang dengan masalah kesehatan mental memiliki hutang.

Adapun kesehatan mental yang terkait dengan hutang adalah bunuh diri, depresi, gangguan psikotik, ketergantungan obat, dan gangguna neurotik, meski demikian para peneliti tidak menemukan hubungan antara merokok dan hutang.

Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dari Ohio State University, AS, menemukan bahwa stres disebabkan oleh hutang kartu kredit yang tinggi, sedangkan pada studi lain yang telah diterbitkan dalam jurnal Social Science and Medicine juga mengungkapkan bahwa hutang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang berakibat pada kesehatan jantung.

So, segara lunasi hutang Anda ya!(boy)

BACA JUGA : 10 Kiat Sederhana Mencegah dan Menyembuhkan Depresi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes