Mengapa Gigi Putih Pertanda Kesehatan yang Baik?

Memiliki gigi putih dan rata memang bisa menjadi salah satu kunci untuk menarik hati lawan jenis. Tetapi, apakah Anda sudah tahu bahwa gigi putih juga punya keterkaitan dengan kesehatan yang baik? Ya, hal itu pun dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari Inggris.

Secara ilmiah, gigi manusia itu setara dengan ekor burung merak yang merupakan tanda kualitas kesehatan dan genetik, yang juga dirancang untuk membantu memilih pasangan.

Untuk penelitian ini, peneliti dari Universities of Leeds dan Central Lancashire mengambil sejumlah foto model sebelum secara digital diubah warna dan gigi mereka. Tiga warna yang digunakan, yakni cokelat kekuningan, putih sehat, dan putih mengkilau yang hanya bisa didapat dengan proses bleaching.

Para peneliti kemudian menunjukkan foto-foto tersebut ke 150 pria dan wanita muda, serta meminta pendapat mereka tentang seberapa menariknya model-model tersebut.

Hasilnya, model dengan gigi kuning tidak begitu populer, sementara model dengan gigi renggang atau bercelah juga dianggap kurang menarik. Bagi wanita, kondisi gigi sehat itu sangat penting dalam hal untuk menarik hari lawan jenis.

“Ketika pria melihat wanita dan ketika wanita melihat wanita, ada pengaruh yang cukup kuat dan berbeda,” ungkap psikolog Colin Hendrie dari Leeds University, seperti dikutip Dailymail.co.uk.

“Pada pria, mereka memikirkan tentang daya tarik dan pada wanita, mereka berpikir adanya persaingan satu sama lain,” jelas Hendrie.

Dr. Hendrie percaya bahwa gigi wanita bisa digunakan untuk membantu menilai usia dan memberikan petunjuk untuk seberapa jauh ia akan menopause. Tak hanya itu, gigi pada wanita juga berisi petunjuk untuk penyakit anak-anak, diet dan beberapa kelainan genetik.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. Nah, mulai sekarang Anda sebaiknya lebih memperhatikan kesehatan gigi. Goodluck! (jay)

BACA JUGA : Bagaimana Konsumsi Suplemen Selama Puasa?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes