Mengapa Jerawat Sering Muncul di Musim Dingin?

Menurut kebanyakan orang, penyebab utama dari jerawat adalah kulit panas dan berminyak. Kedua faktor ini akan membuat kondisi jerawat lebih parah di saat musim panas. Namun, orang juga mendapatkan jerawat di musim dingin.

Beberapa orang juga mengeluhkan bahwa mereka mendapatkan lebih banyak jerawat di musim dingin dibandingkan dengan musim panas. Jadi, dengan tidak adanya panas dan keringat, mengapa jerawat bisa muncul selama musim dingin? Yuk, simak penjelasan dari Boldsky.com berikut ini:

  • Terlalu banyak krim dingin (cold cream)
    Lapisan tebal krim dingin yang Anda oleskan pada kulit Anda bisa memblokir semua pori-pori Anda. Kebanyakan orang mengalami kulit kering di musim dingin dan mengoleskan lapisan krim dingin untuk tetap terhidrasi. Kondisi ini jelas menarik timbunan kotoran. Hasilnya adalah, tumbuhnya jerawat selama musim dingin.
  • Krim dingin yang terlalu tebal
    Anda memang perlu melembabkan kulit selama musim dingin, tetapi bukan berarti Anda mengoleskan krim yang terlalu tebal dan ini akan memblokir semua pori-pori kulit Anda. Jika Anda bisa mengoleskan secara sedikit, maka Anda dapat menghindari penyebab utama jerawat.
  • No Sweat, No Cleansing
    Meski keringat adalah penyebab jerawat, berkeringat sebenarnya sehat untuk kulit. Ketika Anda berkeringat, kotoran dari pori-pori kulit akan dibuang. Sementara di musim dingin yang membuat kita tidak berkeringat, semua kotoran akan tetap dalam kulit. Racun ini terakumulasi di bawah kulit dan menyebabkan jerawat bahkan dalam cuaca dingin.
  • Tidak membersihkan wajah
    Kita cenderung tetap berada di dalam rumah selama musim dingin. Kita bahkan benci untuk menyentuh air dingin. Itulah sebabnya, Anda harus mencuci wajah secara rutin dalam cuaca dingin. Jika tidak mencuci wajah sesering selama musim panas, akibatnya kulit akan tetap kotor. Kadang-kadang, wanita juga lupa untuk menghapus riasan. Jadi, tidak heran jerawat datang.
  • Tidak menggunakan sun-screen
    Sinar panas dari matahari tidak hanya menghitamkan kulit Anda, tetapi juga menyebabkan ruam meletus pada kulit Anda. Jadi, Anda sebaiknya untuk memakai lotion sun-screen, bahkan selama musim dingin. Matahari musim dingin mungkin tidak begitu panas, tetapi masih memiliki sinar ultraviolet yang membahayakan kulit. Kebanyakan wanita mengabaikan tip kecantikan ini di musim dingin. (jay)

BACA JUGA : Waspadalah, Merokok Juga Bisa ‘Membunuh’ otak Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes