Mengapa Smoothie Kemasan Bukan Pilihan yang Sehat?

Menurut penelitian terbaru, minuman smoothie buah dan frappe ternyata mengandung lebih dari 1 kilojoule (atau setara lebih dari 239 kalori) ketimbang satu porsi makanan lengkap.
smoothies
Sebuah kelompok kosumer, The Choice, menganalisis sebanyak 95 minuman smoothie kemasan yang dijual di berbagai toko termasuk Juice Boost, Donut King, Wendys dan Gloria Jean’s. Hasilnya, mereka menemukan bahwa sebanyak 81 minuman berisi kandungan gula yang tinggi, setidaknya 7.5g per 100ml, demikian menurut laporan News.com.au.

Sebanyak 13 smoothie dari total tersebut berisi lebih dari 1,900 kilojoules, atau 454 kalori – sekitar tiga kali lipat dari jumlah cemilan yang direkomendasikan para ahli diet. Dan, sebanyak 5 smoothie yang tinggi lemak jenuh, dengan masing-masing berisi lebih dari 11g lemak jenuh, kemungkinan besar karena terbuat dari es krim.

Meski smoothie buah memiliki “image” yang sehat, juru bicara Choice Ingrid Just menegaskan bahwa beberapa smoothie sudah dikemas dengan “gula tersembunyi”, yang berisi konsentrat jus buah dan sirup yang tinggi fruktosa.

“Anda lebih baik meminum smoothie yang terbuat dari buah utuh dan buatan sendiri,” ujar Just.

“Dengan smoothie berisi buah utuh, Anda akan mendapatkan serat, nutrisi tambahan dari kulit dan serat dalam buah, plus Anda tidak mengonsumsi minuman berisi 1 kilojoule dengan cepat.”

The Choice juga menemukan bahwa yoghurt smoothie Baskin and Robbins mengandung antara 29-31 sendok teh gula, termasuk konsentrasi halus buah, sirup fruktosa tinggi dan gula yang ditambahkan.

BACA JUGA: LATIHAN INTERVAL JALAN KAKI LEBIH SEHAT KETIMBANG JALAN KAKI BIASA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes