Menggambar Makanan Bisa Tingkatkan Mood dan Kurangi Lapar Lho!

Ungkapan “rasa lapar hanya ada dalam pikiran” ternyata dibuktikan oleh sebuah hasil penelitian terbaru. Menggambar makanan saat lapar ternyata bisa meningkatkan mood dan mengurangi rasa lapar.

Menggambar Makanan Bisa Tingkatkan Mood dan Kurangi Lapar Lho

Sebuah studi baru di AS telah menunjukkan bahwa seseorang tidak perlu langsung mengonsumsi makanan lezat seperti piza atau cupcakes untuk memuaskan mood menjadi lebih baik.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari St. Bonaventure University, New York, ini melibatkan 61 mahasiswa. Sepertiganya adalah wanita, lalu dibagi menjadi 4 kelompok secara acak. Semua peserta penelitian diberi pensil warna merah, hijau, dan hitam lalu diperintahkan menggambar makanan yang diletakan di depan mereka dalam keadaan lapar.

Setiap kelompok diperintahkan menggambar makanan yang berbeda. Kelompok pertama diperintahkan menggambar makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula. Kelompok kedua menggambar piza. Kelompok ketiga menggambar stroberi. Sedangkan kelompok keempat menggambar paprika.

Para peneliti lalu menggunakan metode dari psikolog untuk menilai perubahaan mood mereka mulai dari rasa lapar, suasana hati, dan perasaan gembira dari 5 menit sebelum dan setelah mereka menggambar makanan tadi.

Dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Ada perubahan yang sangat signifikan dalam mood atau suasana hati mereka. Tak satu pun dari para peserta merasa menjadi jauh lebih lapar dari sebelum menggambar makanan tersebut.

Setiap makanan yang digambar memiliki nilai peningkatan mood yang berbeda. Menggambar makanan tinggi lemak meningkatkan mood sebesar 28%, menggambar makanan tinggi gula dan rendah lemak (cupcakes dan stroberi) masing-masing meningkatkan mood sebesar 27% dan 22%, sementara kelompok yang menggambar makanan rendah lemak, rendah gula, dan sehat seperti paprika hanya meningkatkan mood sebesar 1%.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of Behavioural and Brain Science. Para peneliti mengatakan bahwa hasil studi ini didukung pula oleh studi sebelumnya, bahwa dengan hanya melihat gambar makanan saja sudah memiliki dampak positif pada suasana hati seseorang. Mereka berharap penelitian ini bisa dikembangkan kembali oleh para peneliti lain untuk melihat tingkat kesehatan seseorang.

Jadi, kalau Anda mulai lapar, sudah tahu ingin menggambar makanan apa? (boy)

BACA JUGA : Dongkrak Gairah Seks dan Mood Anda dengan 6 Makanan Alami Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes