Mengkonsumsi Minuman Berenergi Bisa Merusak Gigi?

Minuman berenergi yang sering kita konsumsi sehari-hari, ternyata dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Setidaknya itulah yang disimpulkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan General Dentistry.


Studi ini dilakukan dengan cara merendam sample gigi manusia ke dalam sample minuman berenergi selama 15 menit. Dilanjutkan dengan merendam gigi tersebut ke dalam air liur buatan selama 2 jam, 4 kali sehari selama 5 hari. Hasilnya, hanya lima hari setelah paparan kedua jenis cairan ini, lapisan enamel pada gigi mengalami kerusakan, dan minuman berenergi menyebabkan kerusakan enamel gigi sebesar dua kali lipat.

Dr. Poonam Jain, penulis penelitian sekaligus Director Of The Community And Preventive Dentistry Program At Southern Illinois University di Edwardsville mengatakan bahwa, 30-50 % remaja sering mengkonsumsi minuman berenergi setelah berolahraga, dan lebih dari 62% mengkonsumsi minuman ini tiap hari.

Dr. Jennifer Bone, dokter gigi sekaligus juru bicara Academy of General Dentistry mengimbau agar para remaja dan orang dewasa membatasi minuman berenergi. Jika tidak dapat ditahan, Dr. Bone menganjurkan untuk mengunyah permen karet bebas gula atau berkumur setelah mengkonsumsi minuman berenergi.

Namun, The American Beverage Association membantah hasil penelitian ini. Mereka mengatakan bahwa, mustahil orang akan menahan minuman dalam mulut selama 15 menit, apalagi sampai 5 hari, seperti dikutip dari CBSnews pada Kamis 3 Mei 2012.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes