Mengunyah Permen Karet Bisa Hambat Ingatan?

Apakah Anda orang yang pelupa? Mungkin ini bisa jadi salah satu penyebab utamanya. Menurut penelitian terbaru di Inggris, mengunyah permen karet tanpa rasa ternyata bisa menghambat memori Anda.

Seperti dikutip Zeenews, penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Cardiff University, Inggris, orang-orang yang terbiasa mengunyah permet karet ditemukan lebih sulit mengingat daftar huruf dan angka, ketimbang orang-orang yang menghindari kebiasaan tersebut.

Para peneliti percaya bahwa gerakan mengunyah permen karet bisa menghalangi kemampuan otak untuk menghafal. Tak hanya itu, gerakan mengunyah terus-menerus juga bisa mengganggu memori jangka pendek Anda.

Penelitian ini sekaligus menantang hasil penelitian sebelumnya yang mengklaim bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kemampuan otak. Beberapa penelitian sebelumnya juga menyatakan bahwa permen karet bisa meningkatkan konsentrasi dengan memicu peningkatan aliran darah melalui otak.

Namun, pemimpin penelitian Michail Kozlov, dari Cardiff University, dan timnya menemukan bahwa aktivitas oral seperti mengunyah permen karet dapat mengganggu proses yang biasanya digunakan untuk mengingat konten verbal.

Sebagai bagian dari penelitian, para peneliti memberikan sebuah tugas sambil mengunyah permen karet dan tanpa mengunyah permen karet. Dalam tes pertama, para peserta pelajar diminta untuk mengunyah penuh semangat dan diminta untuk mengingat urutan huruf acak, seperti P, V, B, C, D, G, T.

Kelompok lain mengulangi eksperimen serupa, tetapi dengan mengunyah pada kecepatan yang alami. Pada tes kedua, peserta mengunyah permen karet tanpa rasa dan mencoba untuk menyebutkan huruf yang hilang dalam urutan.

Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan antara peserta yang mengunyah cepat atau secara alami. Dalam kedua kasus ini, “mengunyah sama-sama berdampak buruk secara keseluruhan dalam mengingat daftar huruf tersebut,” tulis penelitian yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology. (jay)

BACA JUGA : Tingkatkan Daya Ingat dengan Vitamin B

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes