Menjaga Lean Body Mass, Kunci Utama Hidup Sehat

Menjaga Lean Body Mass (LBM) merupakan kunci utama untuk memiliki hidup sehat hingga usia lanjut. Hal tersebut dibeberkan ahli geriarti dari FKUI-RSCM, DR.Dr. Siti Setiati, SpPD, FINASIM.

Lebih lanjut lagi, Dr. Setiati menjelaskan bahwa LBM adalah bobot tubuh, namun tidak termasuk berat kandungan lemak di dalam tubuh.

“LBM yang menurun berakibat pada penyembuhan luka yang menjadi semakin lama, serta meningkatnya kerentanan terhadap penyakit atau infeksi,” ujar Dr. Setiati, seperti dikutip Antaranews.com.

Risiko jatuh dan terjadinya patah tulang juga meningkat seiring dengan menurunnya tingkat LBM seseorang. Menurutnya, hal ini salah satunya disebabkan karena kurangnya LBM yang dapat menyebabkan hilangnya kekuatan fisik dan energi.

“Pada usia lanjut, penurunan LBM juga akan menyebabkan penurunan fungsional, seperti kemampuan berjalan, naik tangga, atau pun bangun dari kursi,” jelas Dr. Setiati.

Tak hanya itu, pada usia lanjut, penurunan LBM juga menyebabkan hilangnya kemandirian serta meningkatkan angka kematian.

LBM yang sehat itu mencakup otot, kulit, tulang, dan organ-organ tubuh yang harus dipertahankan kesehatannya, untuk menjaga keseimbangan sintesa dan pemecahan protein. (jay)

BACA JUGA : Yoga, Menyehatkan atau Malah Membahayakan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes