risiko hipertensi

Menonton TV Lebih Dua Jam Tingkatkan Risiko Hipertensi

Orang tua sebaiknya ekstra hati-hati tentang dampak menonton TV terlalu lama pada anak. Studi terbaru mengatakan, menonton TV, komputer, atau bermain video game lebih dari dua jam memiliki risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

risiko hipertensi

Seperti dilansir Times Of India, Kamis (26/02), anak-anak yang menonton TV, bermain video games, atau komputer lebih dari dua jam memiliki risiko 30 persen lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. Sementara yang tidak melakukan aktivitas fisik atau yang melakukan aktivitas kurang dari satu jam per hari memiliki risiko 50 persen.

“Studi ini menunjukkan jumlah kasus tekanan darah tinggi baru dan hubungan antara aktivitas fisik dan kurang gerak dengan risiko tekanan darah tinggi pada anak di Eropa,” kata pemimpin penelitian, Augusto Cesar de Moraes dari University of Sao Paulo dalam International Journal of Cardiology.

Peneliti mengumpulkan data selama dua tahun dari delapan negara di Eropa, Spanyol, Jerman, Hungaria, Italia, Siprus, Estonia, Swedia, dan Belgia. Studi ini sendiri melibatkan 5.221 anak yang berusia antara 2-10 tahun pada awal studi. Hasil analisa menunjukkan bahwa terjadi 110 kasus tekanan darah tinggi pada 1.000 anak.

Menurut peneliti, tidak melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi hingga 50 persen. Ini membuktikan bahwa aktivitas fisik merupakan vasodilator kuat (obat hipertensi). (ctr)

BACA JUGA: Waspada, Kebanyakan Tidur Bisa Sebabkan Stroke Lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes