Merokok di Tempat Umum 16 Kali Lebih Polusi!

Jika Anda berdiri di samping seseorang yang merokok di halte bus, ada kemungkinan bahwa Anda akan terkena polusi partikulat halus yang tercatat hampir 16 kali lebih tinggi dari tingkat normal.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Otago, Selandia Baru, telah menemukan bahwa merokok di jalur-jalur pejalan kaki bisa meningkatkan jumlah partikel halus berbahaya dengan jumlah berkali-kali lipat di udara.

Seperti dikutip dari jurnal Health & Place, penelitian ini dilakukan selama lima minggu dengan memonitor sensitivitas udara untuk mengukur kualitas udara di sebuah pusat perbelanjaan yang dilewati 284 orang perokok di jalan setapak.

Para peneliti menemukan bahwa ketika para perokok diamati, pada jarak rata-rata 2,6 meter, ada rata-rata 70 persen partikel halus di udara (PM 2,5 atau kurang dari 2,5 mm) dibandingkan ketika tidak ada perokok di sekitar.

Ketika orang yang berdiri di samping perokok di halte bus, tingkat polusi partikulat halus rata-rata adalah 16 kali lipat dari tingkat normal, dan dengan tingkat puncak sekitar 26 kali.

George Thomson, peneliti dari Otago, menunjukkan bahwa masalah merokok di jalan juga masih menjadi perhatian dengan semakin banyaknya kota yang berhasil mengadopsi kebijakan bebas asap rokok untuk setidaknya beberapa bagian luar dari pusat perbelanjaan.

Namun, rekan penulis studi dan asosiasi profesor Nick Wilson mengatakan bahwa pemerintah kota harus berbuat lebih banyak untuk membantu melindungi kesehatan pejalan kaki dengan menerapkan kebijakan bebas rokok di seluruh area perbelanjaan.

Manfaat lain dari bebas asap rokok di jalan-jalan yakni bisa menurunkan biaya pembersihan jalanan dari sampah batang rokok, citra publik yang lebih baik untuk kota dan pengurangan jumlah perokok pasif. (jay)

BACA JUGA : 6 Kebiasaan Tak Sehat yang Sering Dilakukan Wanita

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes