minum air putih

Minum Air Putih Baik Untuk Turunkan Berat Badan, Asal…

Banyak minum air putih memang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk juga menurunkan berat badan. Namun, terlalu banyak minum air juga dapat berdampak buruk.

minum air putih

Dikutip dari DetikHealth, Kamis (22/01), minum air sangat membantu bagi mereka yang melakukan program menurunkan berat badan. Dari hasil beberapa studi disebut bahwa air putih dapat mencegah risiko kegemukan.

Minum air yang cukup dapat meningkatkan metabolisme lemak. Selain itu, kecukupan cairan dalam tubuh juga dapat memicu rasa kenyang sehingga dapat terhindar dari makan berlebihan (over eating). Meski begitu, harus tetap dibarengi dengan olahraga untuk pembakaran lemak. Air putih hanya berperan mengoptimalkan prosesnya.

Sementara itu, konsultan ginjal dan hipertensi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan, kelebihan minum air bukan berarti tanpa risiko.

“Beberapa pasien saya masuk UGD karena kejang-kejang. Ternyata garamnya rendah karena minum berlebihan sampai 5 liter sehari,” kata Prof Dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, kepada DetikHealth.

Sementara itu, kekurangan cairan dalam tubuh juga tidak baik. Kekurangan cairan 5-10 persen disebut dapat mengurangi kemampuan kognitif anak. Dampaknya bisa pusing dan susah konsentrasi.

Kunci utamanya adalah asupan cairan yang seimbang, jangan sampai kekurangan juga jangan terlalu berlebih. (ctr)

BACA JUGA: Rutin Konsumsi Kopi Bantu Cegah Melanoma

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes