Minum Susu Bikin Anak Tetap Fit Hingga Usia Tua!

Menurut penelitian terbaru, anak-anak yang secara teratur meminum susu mengalami kondisi bugar secara fisik di usia tua. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi susu di awal kehidupan akan bermanfaat di tahun-tahun mendatang.

Para peneliti dari Bristol University menemukan bahwa orang tua yang mengonsumsi jumlah tertinggi dari susu dan produk susu di waktu kecil tercatat mampu berjalan lebih cepat dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah keseimbangan.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa asosiasi positif asupan susu anak dengan kinerja fisik di usia tua,” kata para peneliti seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Temuan ini akan sangat penting, karena kurangnya keseimbangan bisa meningkatkan risiko patah tulang pada usia tua.

Konsumsi susu, keju dan produk susu lainnya memang sudah diketahui lama mampu membantu membangun tulang yang kuat dengan menyediakan banyak kalsium yang dibutuhkan selama masa kanak-kanak.

Para peneliti ingin melihat apakah manfaat dari konsumsi susu di awal kehidupan akan berlangsung hingga tahun kemudian. Mereka mempelajari 400 pria dan wanita usia pertengahan 60-an hingga 80-an. Mereka semua mengambil bagian dalam penelitian yang dimulai sejak 1930-an untuk menganalisis pengaruh pola makan dan gaya hidup pada kesehatan jangka panjang.

Sebagai bagian dari peelitian, para relawan tersebut, yang sebelumnya anak-anak muda, diteliti untuk asupan susu dan produk susu lainnya. Untuk menguji apakah ini memiliki dampak pada kesehatan di usia tua, para relawan diuji untuk kecepatan berjalan dan keseimbangan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Age and Ageing menemukan bahwa para pecinta susu tercatat berjalan 5 persen lebih cepat dibandingkan mereka yang minum sedikit susu atau tidak sama sekali. Mereka juga 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah keseimbangan yang berpotensi berbahaya.

Penemuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyoroti manfaat kesehatan dari minum susu ketika masih muda. Tahun lalu, sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang minum susu di sekolah mengalami hampir 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kanker usus ketika dewasa. (jay)

BACA JUGA : Super Motivation Booster

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes