Minuman Energi Bisa Sebabkan Kegemukan?

Menurut penelitian terbaru dari Oxford University, mengonsumsi minuman berenergi dalam jumlah tinggi ternyata bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Penelitian, yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, menilai bukti-bukti dibalik 431 klaim iklan yang bisa meningkatkan kinerja di sebanyak 104 iklan produk olahraga, termasuk minuman berenergi.

Selain bukti-bukti dalam iklan tersebut diketahui tidak jelas, peneliti juga meminta informasi dari berbagai produsen. Hasilnya, para peneliti menemukan hanya 2,7 persen dari informasi yang diberikan berkualitas tinggi dan itu pun masih belum jelas.

“Tidak adanya bukti yang berkualitas tinggi dari iklan ini bisa mengkhawatirkan,” kata peneliti seperti dikutip Zeenews.com. Tak hanya itu, bukti tidak kuat juga ditemukan pada iklan minuman berenergi yang mengklaim lebih baik dari asupan karbohidrat yang bersifat padat.

“Karena minuman berenergi ini kian populer di kalangan anak-anak, ada kekhawatiran mengenai konsumsi minuman tersebut yang bisa memberikan kontribusi ke tingkat obesitas,” kata peneliti.

“Iklan-iklan ini mengklaim bahwa seorang pelari biasa bisa berubah menjadi atlit lari. Sebenarnya, jika Anda menghindari minuman ini, Anda bisa melangsingkan tubuh dan berlari lebih cepat,” jelas Profesor Tim Noakes, Kepala Exercise and Sports Science di Cape Town University.

Bagi yang doyan mengonsumsi minuman berenergi, Yuk mulai mengurangi konsumsi minuman ini! (jay)

BACA JUGA : Genetik Pengaruhi Ketertarikan pada Makanan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes