Minuman Energi Bisa Tingkatkan Fungsi Jantung?

Selain menyegarkan, minuman energi ternyata memiliki manfaat positif yang penting pada kinerja jantung. Penelitian baru, yang dipimpin oleh Dr. Matteo Cameli dari University of Siena, menggunakan teknik avant-garde pada echocardiography dan analisis gema Doppler untuk mengeksplorasi pengaruh minuman energi pada fungsi jantung di sebanyak 35 orang sehat. Kemudian, penelitian ini menemukan bahwa fungsi ventrikel mereka lebih baik dan meningkat.

Pada penelitian ini, para partisipan tersebut diberi minuman energi (168 ml/m2) yang mengandung kafein dan taurin.

Ketika detak jantung, tekanan darah, fungsi ventrikel kiri dan fungsi ventrikel kanan dianalisis satu jam setelah konsumsi, mereka ditemukan relatif menyimpang dari angka-angka dasar.

Meski peningkatan denyut jantung, tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik tidak berubah secara signifikan, fungsi ventrikel kiri meningkat dibandingkan dengan angka-angka dasar. Tak hanya itu, fungsi ventrikel kanan juga meningkat satu jam setelah mengkonsumsi minuman energi.

“Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minuman energi bisa meningkatkan kontraksi dari ventrikel kiri dan kanan, sehingga memberikan efek positif pada fungsi myocardial,” ujar Dr. Cameli seperti dikutip Zeenews.com. (jay)

BACA JUGA : Gangguan Makan Disebabkan Faktor Genetik?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes