mencegah diabetes

Minuman Probiotik Bantu Cegah Diabetes

Kasus penyakit diabetes tipe 2 tiap tahun semakin meningkat. Namun, studi terbaru mengatakan bahwa minuman probiotik dapat membantu mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2.

mencegah diabetes

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak berisiko pada obesitas, resistensi insulin, dan diabetes. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa probiotik dapat membantu tubuh untuk mencegah diabetes.

“Kami telah mengingatkan bahwa konsusmi makanan tinggi lemak, meski dalam waktu singkat, dapat memicu penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2,” kata Carl Hulston dari Lougborough University, seperti dikutip dari Healt Me Up, Selasa (17/02).

“Dari studi ini menunjukkan bahwa probiotik berpotensi mencegah resistensi insulin pada manusia secara signifikan,” tambahnya.

Untuk studi ini, peneliti melibatkan 17 peserta yang sehat dan dibagi dalam dua kelompok. Dua kelompok tersebut diminta mengatur makanan harian mereka selama tiga minggu. Satu kelompok minum susu fermentasi probiotik setiap hari. Pada minggu ke empat, kedua kelompok dianjurkan mengonsumsi diet tinggi lemak. Dan asupan probiotik dilakukan pada kedua kelompok di minggu terakhir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang makan berlemak tinggi selama tujuh hari mengalami penurunan sensitivitas insulin sekitar 27 persen. Tapi, mereka yang minum probiotik setiap hari glikemiknya terkontrol dan mengatur insulin. Peneliti mengatakan bahwa perubahan usus berhubungan dengan perkembangan penyakit metabolik. (ctr)

BACA JUGA: Mengapa Tubuh Membutuhkan Seng?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes