Minyak Ikan Tingkatkan Kekuatan Otot pada Lansia

Mengonsumsi seporsi ikan berminyak seperti salmon atau mackerel tiga kali seminggu ternyata bisa membantu melindungi otot dari kerusakan pada usia tua, dengan menggandakan manfaat dari olahraga.

Dalam penelitian baru, kombinasi dosis reguler minyak ikan dan berolahraga bisa meningkatkan kekuatan otot pada sekelompok wanita di usia enam puluh mereka sebanyak 20 persen.

Sekelompok partisipan yang mengambil bagian setiap dua kali seminggu, dengan 30 menit sesi olahraga dan tidak mengonsumsi minyak ikan, juga bisa meningkatkan kekuatan otot sebanyak 11 persen.

Selama penelitian 12-minggu, kelompok yang mengonsumsi minyak ikan juga membuat perbaikan lebih besar dalam tes keseimbangan, kecepatan berjalan dan waktu yang dibutuhkan untuk bangun dari kursi.

Menurut para peneliti dari Aberdeen University, perbedaan ini terjadi karena efek DHA dan EPA, jenis Omega 3 asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Sebagai bagian normal dari penuaan, ukuran otot juga akan berkurang antara 0,5 persen dan dua persen per tahun pada orang tua, atau kondisi yang dikenal sebagai sarcopenia.

Setelah usia pertengahan tiga puluhan, kemampuan tubuh kita untuk membangun otot melalui latihan saja akan mulai berkurang, yang berarti sulit bagi orang tua untuk mencegah pengurangan otot.

Para peneliti akhirnya membuat kesimpulan bahwa minyak ikan bekerja dengan memerangi peradangan tingkat rendah yang khas pada orang tua dan meningkatkan kemampuan otot untuk membangun kekuatan dan massa.

“Kami mencoba untuk membuat otot tua beradaptasi seperti otot yang lebih muda, dan di sanalah kami berpikir bahwa minyak ikan bisa membantunya,” ujar Dr. Stuart Gray seperti dikutip The Telegraph. Temuan dari studi ini sudah dipresentasikan pada British Science Festival. (jay)

BACA JUGA : Vitamin D Bisa Membantu Obati Tuberculosis

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes