gejala penyakit liver

Mistletoe Dapat Obati Penyakit Liver Akibat Obesitas?

Mistletoe, tumbuhan jenis parasit yang biasa digunakan untuk dekorasi Natal ini memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya membantu melawan penyakit liver (hati) akibat obesitas. Benarkah?

gejala penyakit liver

Mistletoe merupakan tumbuhan parasit dari ordo Santalales. Tumbuhan ini biasanya digunakan untuk hiasan Natal. Tumbuhan ini juga populer di Eropa sebagai obat tradisional seperti untuk mengobati saluran pernapasan, kanker, hingga tumor. Terbaru, mistletoe juga berpotensi membantu melawan penyakit liver akibat obesitas.

Dilansir MedicalNewsToday, studi yang dilakukan Jungkee Kwoon ini diterbitkan dalam ACS ‘Journal of Agricultural and Food Chemistry’. Peneliti menemukan bahwa senyawa yang dihasilkan dari mistletoe dapat mengobati penyakit liver pada tikus.

Kwon dan rekan-rekannya melakukan penelitian menyebut bahwa sejumlah senyawa biologis aktif dapat dihasilkan mistletoe Korea. Seperti yang sudah familiar adalah steroid dan flavanoid. Selain itu, ekstrak mistletoe dapat menghasilnya efek anti-obesitas. Namun, belum dapat dikonfirmasi senyawa apa yang menyebabkan hal ini.

Peneliti menyelidiki lebih lanjut dan melihat senyawa apa yang dapat memerangi penyakit liver lemak akibat obesitas dan juga gagal hati. Hasilnya, peneliti menemukan viscothionin sebagai senyawa pada mistletoe korea yang mempengaruhi metabolisme lemak di hati.

Hasil uji pada tikus obesitas menunjukkan, tikus yang diberi ekstrak mistletoe, berat tubuh dan hatinya menurun. Peneliti menyimpulkan, viscothionin berpotensi menjadi terapi pengobatan untuk penyakit liver akibat obesitas. (ctr)

BACA JUGA: Tak Ingin Obesitas, Banyak Remaja Turunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes