nasi membuat kantuk

Mudah Mengantuk Bila Konsumsi Nasi, Benarkah?

Bagi masyarakat Indonesia, nasi adalah kebutuhan pokok pangan nomor satu yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mungkin Anda pernah mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa belum kenyang kalo belum menyantap nasi. Ya, itu memang ciri khas dari masyarakat Indonesia. Bahkan ketika orang barat asyik dengan roti sebagai menu sarapan, kita lebih memilih nasi. Tapi benarkah nasi bisa membuat rasa kantuk?

Jendela nasi

Ya, nasi memang sumber karbohidrat yang membuat perut Anda cepat lapar. Semakin Anda mudah lapar, semakin besar pula rasa kantuk yang mendera Anda. Rasa lapar inilah yang membuat Anda menjadi mudah mengantuk. Hal ini disebabkan karena gula yang dibawa oleh sel menuju insulin lebih cepat masuk dan diproses oleh tubuh.

Bahkan, hal tersebut telah dikuatkan dengan adanya hasil penelitian dari Kanazawa Medical University di Jepang. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 2 ribu responden yang diperintahkan untuk mengonsumsi nasi. Melalui penelitian tersebut diperoleh bahwa dengan mengonsumsi nasi dapat membantu Anda mengatasi permasalahan kualitas tidur yang buruk.

Hal ini dikarenakan, nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi jika dibandingkan dengan roti dan mie. Makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar tryptophan yang memicu senyawa serotonin di otak untuk memerintahkan agar Anda mudah terlelap.

Tentu sebelum mengetahui kebenaran informasi ini pasti Anda pernah menghindari sarapan. Karena, Anda menganggap bahwa sarapan membuat Anda mudah mengantuk. Hal tersebut memang ada benarnya. Jika menu sarapan Anda banyak nasi sedikit sumber protein, jelas hal tersebut akan mudah membuat Anda mengantuk. Namun, bagaimana jika Anda lebih memilih mengurangi nasi dan sebagai gantinya memperbanyak sayuran dan sumber protein lainnya? Tentu, sarapan Anda akan lebih berkualitas. Jadi, masihkah Anda menyalahkan sarapan sebagai biang keladi yang membuat Anda mengantuk?

Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Tidak Bugar Saat Latihan? Awas Hipertensi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes