Multivitamin Turunkan Risiko Kanker pada Pria

Suplemen makanan favorit di Amerika, multivitamin, ternyata bisa menurunkan risiko kanker pada dokter pria sehat yang mengonsumsinya selama lebih dari satu dekade. Ini merupakan penelitian besar pertama yang menguji pil multivitamin tersebut.

Hasilnya mengejutkan karena banyak penelitian vitamin sebelumnya telah menemukan bahwa pil-pil ini tidak membantu mencegah penyakit kronis dan beberapa bahkan tampaknya justru meningkatkan risiko kanker.

Dalam penelitian baru, multivitamin mampu memotong kemungkinan mengembangkan kanker sebesar 8 persen. Menurut para ahli kanker, hasil ini masih kurang efektif dibandingkan berolahraga, diet yang baik dan tidak merokok, yang masing-masing bisa menurunkan risiko kanker hingga 20 persen menjadi 30 persen.

Multivitamin juga mungkin memiliki hasil yang berbeda pada wanita, pria muda atau orang-orang yang kurang sehat dibandingkan pria-pria dalam penelitian ini.

“Ini adalah efek yang sangat ringan dan secara pribadi saya tidak yakin itu cukup signifikan untuk merekomendasikan kepada siapa pun, meski menjanjikan,” ungkap Dr. Ernest Hawk, wakil presiden pencegahan kanker di University of Texas MD Anderson Cancer Center dan mantan pejabat National Cancer Institute.

Hawk mereview penelitian ini untuk American Association for Cancer Research, di Anaheim, California, Rabu (17/10) lalu. Penelitian ini juga diterbitkan secara online dalam Journal of American Medical Association.

Sekitar sepertiga orang dewasa Amerika Serikat dan sebanyak setengah dari mereka mengonsumsi lebih dari 50 multivitamin. Multivitamin ini dipasarkan sebagai semacam polis asuransi untuk mencegah pola makan yang buruk.

Dr. J. Michael Gaziano, dari Brigham and Women’s Hospital and VA Boston, yang memimpin penelitian tersebut. Hampir 15.000 dokter pria yang berusia 50 tahun atau lebih tua dan bebas dari kanker berpartisipasi dalam penelitian ini.

Setelah 11 tahun diteliti, ada 2.669 penderita kanker baru, dan beberapa orang menderita kanker lebih dari sekali. Untuk setiap 1.000 orang per tahun dalam penelitian ini, ada 17 penderita kanker diantara pengguna multivitamin dan lebih dari 18 di antara mereka yang mengonsumsi pil plasebo. Bagi yang berolahraga dan meminum vitamin menurunkan risiko 8 persen terkena kanker.

Para ahli kanker mengatakan hasil ini perlu dikonfirmasi oleh penelitian lain sebelum merekomendasikan multivitamin kepada publik. (jay)

BACA JUGA :  Beef Protein. Sumber Protein Terbaik?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes