Musik Bisa Tingkatkan Fungsi Jantung dan Kemampuan Olahraga Lho!

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit ternyata dapat memperkuat jantung dan juga membantu pemulihan orang-orang yang memiliki penyakit jantung.

Ketika seseorang mendengarkan musik kesukaannya, tubuh akan melepaskan zat biokimia alami bernama endorfin yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu musik instrumental tanpa lirik lebih baik efeknya dibandingkan dengan musik berlirik, karena terkadang ada beberapa kalimat dalam lirik lagu yang bisa membuat kita jengkel dan menyebabkan aliran darah meningkat sehingga berisiko serangan penyakit jantung, ungkap para peneliti seperti yang dilansir dari The Daily Telegraph baru-baru ini.

Musik Bisa Tingkatkan Fungsi Jantung dan Kemampuan Olahraga Lho!.

Untuk melakukan studi ini, para peneliti dari University of Niš, Serbia, mengundang 74 pasien berpenyakit jantung. Mereka lalu dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama diberi kelas khusus olahraga selama tiga minggu, dan kelompok kedua juga diberi kelas khusus olahraga namun disarankan mendengarkan musik selama setengah jam setiap hari, sementara kelompok ketiga diminta selalu mendengarkan musik setiap hari, tanpa diberi kelas untuk berolahraga.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa pasien dengan penyakit jantung yang telah diminta mendengarkan musik dan diberi kelas olahraga, fungsi jantungnya telah meningkat secara signifikan dan kemampuan olahraganya meningkat rata-rata 39%.

Sedangkan untuk kelompok yang diberi kelas tanpa mendengarkan musik, kemampuan olahraga mereka hanya meningkat sebesar 29%. Dan anehnya bagi kelompok yang mendengarkan musik tanpa berolahraga sama sekali, kemampuan olahraganya meningkat sebesar 19%, yang artinya dengan mendengarkan musik saja kemampuan olahraga seseorang penderita penyakit jantung dapat meningkat, apalagi jika dikombinasikan dengan berolahraga.

“Kombinasi dari musik dan olahraga menyebabkan peningkatan fungsi jantung yang baik dan dapat memperbaiki kemampuan olahraga seseorang secara signifikan,” kata Dr. Marina Deljanin Ilić, MD, PhD., seorang profesor dari University of Niš yang memimpin penelitian ini.

Dia juga menambahkan bahwa mendengarkan musik favorit sendirian dan berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi jantung sehingga cara ini bisa menjadi metode tambahan dalam rehabilitasi pasien dengan coronary artery disease (CAD) atau penyakit jantung. Tidak semua musik ideal bagi penderita penyakit jantung. Mereka harus memilih musik yang bisa meningkatkan emosi positif sehingga membuat mereka merasa senang dan santai.

Deljanin juga menyatakan bahwa untuk sementara studi ini memang hanya melibatkan orang-orang berpenyakit jantung, namun tidak menutup kemungkinan juga pada orang-orang tanpa penyakit jantung juga bisa mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik kesukaan sehingga membuat mereka selalu merasa bahagia dan santai serta terhindar dari penyakit jantung.

Well fitness mania, mari berolahraga sambil mendengarkan musik kesukaan Anda! (boy)

BACA JUGA : Biar Tidak Pikun, Dengarkan Musik Sebelum Tidur

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes