Musik Sendu juga Bisa Perbaiki Mood Seseorang

Apa jadinya hidup ini tanpa musik? Tentu perkembangan kehidupan manusia di dunia tidak akan seperti sekarang. Musik merupakan media yang, baik sadar atau tidak, dapat membuat emosi seseorang berubah-ubah hingga meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Musik-Sendu-juga-Bisa-Perbaiki-Mood-Seseorang

Setidaknya itulah yang ingin disampaikan sebuah studi di Jepang tentang manfaat positif dari mendengarkan musik. Mereka menambahkan bahwa lantunan musik tertentu, dalam studi ini musik berirama sendu, dapat membangun emosi positif seseorang.

Mahasiswa dari jurusan Seni di Tokyo University menggelar studi bersama RIKEN Brain Science Institute. Sebanyak 44 partisipan turut terlibat, mulai dari kalangan musisi hingga masyarakat awam. Mereka diminta untuk mendengarkan musik berirama sendu dan gembira.

Musik sendu yang dimainkan antara lain ‘La Separation’ dari Glinka dan Etude ‘Sur Mer’ dari Blumenfeld. Sedangkan musik bernada gembira yang diperdengarkan adalah Allegro de Concierto dari E. Granados.

Musik sendu yang sering dianggap sebagai bentuk emosi yang kurang menyenangkan ternyata memiliki dampak sebaliknya. Beberapa partisipan mengaku jika sisi romantis mereka tersentuh. Bahkan ada pula yang menyatakan bahwa musik sendu tersebut dapat membangun mood positif yang kian menurun ketika mereka merasakan stres.

Ini artinya bahwa musik berirama sendu tidak hanya membangkitkan emosi yang kurang menyenangkan, tetapi juga bisa membangkitkan suasana positif dalam diri orang yang mendengarkan. (dan)

BACA JUGA : Wow, Orang Impoten Bisa Dilihat dari Kakinya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes